androidvodic.com

Konsisten Terapkan Core Value BUMN, KBI Sabet 5 Akhlak Award 2022 - News

Laporan Wartawan Tribunnews, Choirul Arifin

News, JAKARTA - PT Kliring Berjangka Indonesia (KBI) meraih 5 penghargaan di Ajang AKHLAK Award 2022 yang diselenggarakan Kementerian BUMN pada 5 Juli 2022.

Penghargaan ini merupakan penilaian atas upaya dan konsistensi KBI dalam menjalankan Core Value BUMN yaitu Adaptif, Kompeten, Harmonis, Loyal, Adaptif dan Kolaboratif dalam 1 tahun terakhir.

Ajang AKHLAK Award 2022 diselenggarakan Kementerian BUMN dan diikuti 141 perusahaan yang terdiri dari 39 BUMN dan 102 anak perusahaan BUMN dan dihadiri secara virtual oleh Wakil Presiden Ma’ruf Amin, Menteri BUMN Erick Thohir, Ketua MPR Bambang Soesatyo, serta Wakil Ketua KPK Nurul Gufron.

Baca juga: BUMN Diminta Bangun Pabrik Pengolahan Sawit untuk Jaga Stabilitas Harga TBS Petani

Lima penghargaan yang didapat KBI dari ajang ini adalah Total Indeks Implementasi AKHLAK di Kluster Danareksa, Total Indeks Implementasi AKHLAK untuk nilai Amanah, Total Indeks Implementasi AKHLAK untuk nilai Loyal, Total Indeks Implementasi AKHLAK untuk nilai Adaptif, dan Total Indeks Implementasi AKHLAK untuk nilai Kolaboratif.

"Implementasi Core Value BUMN ini telah menjadi dasar dalam program pengembangan sumber daya manusiadi KBI. Dalam situasi dunia yang penuh dengan perubahan dan tantangan, tentunya KBI harus menyiapkan SDM yang tidak hanya handal, namun juga memiliki AKHLAK yang baik," ujar Fajar Wibhiyadi, Direktur Utama PT KBI, Rabu, 6 Juli 2022.

Dia menjelaskan, KBI telah menjalankan berbagai kegiatan secara konsisten demi membumikan core value ini kedalam kegiatan karyawan sehari-hari.

Keberhasilan KBI dalam menerapkan core value AKHLAK ini, berbanding lurus dengan catatan kinerja yang dibukukan. Sepanjang 2021, KBI berhasil mencatatkan laba bersih Rp 101,6 miliar atau naik 53 persen dibandingkan capaian di 2020 sebesar Rp 66,4 miliar.

Peningkatan laba bersih ini ditopang oleh pertumbuhan pendapatan operasional tahun 2021 yang naik 12 persen dari tahun sebelumnya.

Baca juga: Tak Ingin Jadi Beban, BUMN Ditarget Beri Dividen Rp 50 Triliun ke Negara pada 2024

Di 2021, KBI membukukan pendapatan operasional Rp 189,5 miliar, naik 19,5 miliar dari capaian di 2020.

Menteri BUMN Erick Thohir dalam sambutannya meminta semua BUMN agar terus menerus dan konsisten menerapkan core value AKHLAK dalam melakukan pekerjaan, dan nilai-nilai AKHLAK ini bisa diterapkan dalam lingkup yang lebih luas, yaitu keluarga dan bermasyarakat.

"Penerapan nilai akhlak ini saya yakin dapat mempererat persatuan kita sebagai bangsa yang pada saat ini tentu mendapatkan tekanan berat secara global," ujar Erick Thohir.

"Kita harus menjadi negara yang kokoh mengembangkan SDM, dan ini tentunya untuk membawa kita kedepan, juga terkait regenerasi, serta kontinuitas kedepan,” lanjutnya.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat