androidvodic.com

Jokowi Minta 100 Ribu Izin Usaha Bagi UMKM Harus Keluar Setiap Harinya - News

Laporan Wartawan News, Taufik Ismail

News, JAKARTA - Pemerintah mempermudah pengurusan izin usaha atau Nomor Induk Berusaha (NIB) melalui sistem Online Single Submission (OSS) bagi pelaku usaha mikro dan kecil.

Dengan sistem tersebut pengurusan NIB relatif lebih cepat dan mudah.

Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengaku senang bahwa Pemerintah melalui lembaga OSS berhasil menerbitkan NIB sebanyak 1,5 juta dalam waktu kurang lebih saru tahun.

“Saya senang NIB yang terbit dari Agustus 2021 sampai Juli 2022 sudah 1,5 juta,” kata Jokowi dalam acara Pemberian Nomor Induk Berusaha (NIB) Pelaku Usaha Mikro Kecil (UMK) Perseorangan Tahun 2022, di Jakarta Timur, Rabu (13/7/2022).

Baca juga: Cerita Presiden Jokowi Dulu Pernah Mengalami Sulitnya Urus Surat Izin Usaha

Presiden mengatakan sebelum menggunakan OSS, NIB yang diterbitkan hanya 2 ribu izin per harinya.

Sementara setelah menggunakan OSS mencapai 7 ribu- 8 ribu.

Meskipun jumlahnya mengalami peningkatan, presiden ingin jumlah izin yang diterbitkan  dinaikin laigi mencapai 100 ribu per hari.

“Yang saya minta 100 ribu izin per hari harus keluar dan itu tanggung jawab kepala daerah supaya dorong pengusaha mikro kecil menengah untuk semua memiliki izin ini, nomor induk berusaha dan tidak dipungut biaya,” katanya.

Presiden mengatakan akan memantau terus Pengurusan izin usaha melalui OSS.

Ia berharap cepatnya pengurusan izin usaha bukan pada saat di awal peluncurannya saja.

“Saya sudah cek saat itu, waktu OSS, jadi apakah benar yang namanya NIB nomor induk berusaha ini cepet kalau ingin mengajukan, saat itu saya lihat cepat tapi saya mau cek lagi apakah sampai saat ini cepet kalau kita minta nomor induk berusaha,”pungkasnya.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat