androidvodic.com

Pemenang Sayembara Ibu Kota Negara Dapat Hadiah Senilai Rp 2,8 Miliar - News

Laporan Wartawan News, Yanuar Riezqi Yovanda 

News, JAKARTA - Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) menyerahkan hadiah sayembara konsep perancangan kawasan dan bangunan gedung di Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara. 

Direktur Jenderal Cipta Karya Kementerian PUPR Diana Kusumastuti mengatakan, terdapat 4 sayembara di IKN kali ini, yakni untuk bangunan gedung Istana Wakil Presiden, Kompleks Perkantoran Legislatif, Kompleks Perkantoran Yudikatif, dan Kompleks Peribadatan.

"Hari ini sampai pada penyerahan hadiah. Sayembara ini telah diumumkan 28 Maret 2022, dan saat ini sudah masuk tahap akhir yaitu penyerahan hadiah sayembara," ujarnya dalam acara "Penyerahan Hadiah Sayembara Konsep Perancangan Kawasan dan Bangunan Gedung di Ibu Kota Nusantara" di Gedung Kementerian PUPR, Senin (18/7/2022).

Baca juga: Soal Pembangunan IKN, Anggota DPD RI: Jangan Sampai Suku Dayak Hanya Jadi Penonton

Lebih lanjut, Diana mengungkapkan, terdapat 248 peserta yang mendaftar, dan dari 248 pendaftar itu, terdapat 79 lolos verifikasi. 

"Dari 79 peserta tersebut, setelah dilakukan seleksi hanya 60 peserta yang masukan karyanya, dan 19 peserta tidak masukan karyanya," katanya. 

Dia menambahkan, semua karya yang masuk ke Kementerian PUPR bagus semua, tapi pemerintah harus memilih beberapa desain untuk digunakan di IKN nantinya.

"Setelah rangkaian evaluasi dan penilaian, ditetapkan finalis dan pemenang sayembara," pungkas Diana. 

Sebagai tambahan informasi, untuk Kompleks Perkantoran Yudikatif juara pertama dimenangkan oleh karya berjudul Adil Ka Talino, juara kedua dengan judul karya Paramarta, dan juara ketiga adalah Cakra Nusantara. 

Sementara untuk Kompleks Istana Wakil Presiden diputuskan tidak ada juara pertama, tetapi terdapat dua karya ditetapkan sebagai juara kedua, yakni berjudul Huma Betang Umai dan Istana Kerakyatan, dan juara ketiga dengan karya berjudul Dwi Arya Wibawa.

Baca juga: Jokowi Beri Arahan untuk Polri, Mulai dari Pengawalan Pembangunan IKN, hingga Antisipasi Pemilu 2024

Kemudian untuk kompleks peribadatan, tiga karya terpilih ditetapkan sebagai juara kedua yaitu karya berjudul Akur Rukun, Cahaya Batang Haring Nusantara, dan Humanity Beyond Religion. 

Selain itu untuk Kompleks Perkantoran Legislatif juga diputuskan tidak ada juara pertama, tetapi terdapat dua karya sebagai juara kedua, yakni Sasana Swara Nusantara dan Rajut Swara Indonesia, dan juara ketiga dimenangkan oleh Lingkar Demokrasi.   

Para pemenang mendapat penghargaan berupa uang tunai dengan rincian juara I sebesar Rp 500 juta, juara II Rp 250 juta dan juara III Rp 150 juta. 

Dengan demikian, total hadiah yang diterima seluruh pemenang sayembara konsep perancangan kawasan dan bangunan gedung di IKN pada hari ini adalah senilai Rp 2,8 miliar.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat