androidvodic.com

Ekonom: Inflasi Inggris Diperkirakan Menyentuh Angka 18 Persen di Awal Tahun 2023 - News

Laporan Wartawan News, Mikael Dafit Adi Prasetyo

News, LONDON – Seorang ekonom dari Citibank, Benjamin Nabarro memperkirakan bahwa inflasi di Inggris akan mencapai puncaknya di angka 18,6 persen pada Januari 2023 mendatang.

"Pertanyaannya sekarang adalah kebijakan apa yang dapat dilakukan untuk mengimbangi dampak pada inflasi dan ekonomi riil," kata Nabarro.

Sementara itu, terakhir kalinya inflasi harga konsumen Inggris berada di atas 18 persen yakni pada tahun 1976.

Baca juga: Harga Komoditas Pangan dan Energi Global Tinggi, Bank Indonesia Beri Sinyal Inflasi Akan Terus Naik

“Calon terkuat perdana menteri Inggris, Liz Truss, kemungkinan akan datang dengan langkah-langkah untuk mendukung rumah tangga yang terkena lonjakan harga energi, yang mungkin sedikit menurunkan tingkat puncak inflasi,” ujar Nabarro.

Regulator energi Ofgem, akan menetapkan tarif maksimum baru untuk rumah tangga pada hari Jumat (26/8), yang nantinya tarif baru tersebut akan berlaku pada bulan Oktober.

Dilansir dari Reuters, Selasa (23/8/2022) kenaikan tarif energi pada bulan April lalu, membuat tagihan tahunan untuk rumah tangga melonjak menjadi 1.971 pound, dari yang sebelumnya 1.278 pound.

Kenaikan berikutnya kemungkinan akan lebih curam lagi, setelah harga gas melonjak 15 persen selama seminggu terakhir.

Di sisi lain, Citibank memperkirakan Ofgem akan menaikkan batas tarif energi menjadi setara dengan 3.717 pound mulai Oktober, dengan kenaikan lebih lanjut menjadi 4.567 pound pada Januari dan 5.816 pound pada April 2023.

Analis energi Cornwall Insight juga menaikkan perkiraan mereka untuk tarif energi yang diatur Ofgem menjadi 3.554 pound untuk Oktober, 4.650 pound untuk Januari dan 5.341 pound untuk Mei.

Baca juga: Harga Pertalite dan Solar Naik, Ekonom Prediksi Inflasi Akan Melonjak di Atas 7 Persen 

"Sulit untuk melihat berapa banyak rumah tangga yang bisa menghadapi musim dingin mendatang," kata Craig Lowrey. konsultan Cornwall Insight.

Dalam perkiraannya pada awal Agustus, Bank of England (BoE) mengasumsikan batas harga energi akan naik menjadi sekitar 3.500 pound pada Oktober dan harga energi kemudian akan stabil.

Dengan demikian, inflasi harga konsumen akan mencapai puncaknya di angka 13,3 persen pada bulan Oktober.

Secara terpisah, BoE telah mengumumkan kenaikan suku bunga setengah poin yang jarang terjadi pada awal bulan ini.

Nabarro juga memperkirakan bahwa inflasi harga eceran, yang digunakan untuk mengatur pengembalian obligasi terkait indeks, akan mencapai puncaknya di angka 21,4 persen.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat