androidvodic.com

Aplikasi Petroport Bikin Aktivitas Bongkar Muat Pupuk di Pelabuhan Jadi Lebih Efisien - News

Laporan Wartawan Tribunnews, Willy Widianto

News, JAKARTA - PT Petrokimia Gresik melakukan pengembangan proses distribusi pupuk melalui aplikasi digital bernama Petroport demi mengejar efisiensi pada setiap proses distribusi.

Direktur Utama Petrokimia Gresik, Dwi Satriyo Annurogo menjelaskan, Petroport adalah sebuah sistem berbasis web dan aplikasi mobile yang memiliki fungsi pengawasan, pencatatan, pelaporan serta penentuan rekomendasi keputusan secara digital dan otomatis (automatic decision systems) yang bertujuan untuk meningkatkan kinerja bongkar muat pelabuhan

Petroport selama beberapa periode terakhir telah memberikan added value bagi perusahaan melalui penyediaan informasi yang akurat dan realtime kepada seluruh stakeholder, memberikan penghematan biaya logistik serta optimalisasi kinerja bongkar muat di pelabuhan.

“Operasional pelabuhan yang efektif dan efisien, pada akhirnya akan meningkatkan competitiveness bagi Petrokimia Gresik. Produk-produk yang dihasilkan akan menjadi pilihan bagi petani maupun konsumen lain,” ujar Dwi Satriyo dalam pernyataannya, Selasa (20/9/2022).

Sejak adanya Petroport Petrokimia Gresik bisa melakukan penghematan biaya bongkar muat hingga 20 persen.

Kinerja pelabuhan lanjut Dwi Satriyo juga menjadi lebih optimal sehingga kegiatan bongkar muat dapat diselesaikan lebih cepat dari kontrak yang disepakati.

Hal ini dapat dilihat dengan turunnya denda demurrage yang harus dibayar ke kapal, serta meningkatnya pendapatan despatch atau biaya kompensasi yang diterima perusahaan. 

Baca juga: Petrokimia-Kemenperin Luluskan 40 Peserta Magang Vokasi Setara D1

Tahun 2021 pendapatan despatch naik sebesar 70 persen menjadi 1,13 juta US Dolar dibandingkan dengan tahun sebelumnya. Kinerja yang sama juga ditunjukkan pada semester pertama tahun 2022, dimana realisasi despatch sudah mencapai 920 ribu USD.

Optimalisasi kinerja pelabuhan tersebut diperoleh dari fitur-fitur inovatif yang ada dalam aplikasi. Karena Petroport memiliki fungsi pencatatan kegiatan bongkar muat serta penentuan rekomendasi keputusan secara digital dan otomatis (automatic decision systems), karena Petroport dilengkapi dengan Smart Dashboard.

"Kita dapat menginput data bongkar muat secara mobile dimanapun berada. Input data kapal, jadwal kedatangan kapal maupun pencatatan kegiatan bongkar muat, dapat dilakukan menggunakan handphone maupun tablet," jelasnya.

Baca juga: Atasi Penghapusan Subsidi, Petrokimia Gresik Kenalkan Tiga Pupuk Baru

Dengan bantuan teknologi ini, perusahaan juga mampu menurunkan kebutuhan Sumber Daya Manusia (SDM) sebesar 45%, karena alur kerja menjadi semakin efektif dan efisien. Hal ini selaras dengan Program Kerja Perusahaan untuk selalu melakukan efisiensi, khususnya bidang SDM.

Fitur lain yang juga sangat inovatif adalah Load Unload Routing (LUR) yang dapat memberikan informasi antrean kapal, perkiraan lama kegiatan serta estimasi kapal yang akan berangkat. Selain itu juga memberikan rekomendasi jalur dan alat bongkar muat yang paling efisien, serta informasi bongkar muat secara realtime.

Baca juga: Catat Kinerja Positif Tahun 2021 Petrokimia Gresik Bukukan Laba Rp 1,94 Triliun

 
"Jika ada indikator warna merah berarti kecepatan bongkar muat berada di bawah kontrak, sehingga harus segera dilakukan langkah tindak lanjut agar tidak terjadi demurrage. Sedangkan warna hijau berarti kegiatan bongkar muat berjalan sesuai kontrak rate yang ada," ujar Dwi Satriyo.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat