androidvodic.com

Gandeng Ikatan Apoteker, BNC Perluas Edukasi Literasi Keuangan di Bali Pharmacy Festival - News

Laporan Wartawan Tribunnews, Choirul Arifin

News, JAKARTA - Hasil Survei Nasional Literasi dan Inklusi Keuangan (SNLIK) di 2019 menunjukkan indeks literasi keuangan masyarakat Indonesia 38,0 persen.

Namun, tingkat indeks inklusi keuangan atau akses masyarakat terhadap layanan keuangan cukup tinggi, yaitu mencapai 76,19 persen.

Sementara itu, hasil riset terkait Financial Fitness Index (2021) menunjukkan bahwa skor indeks kesehatan keuangan masyarakat Indonesia masih tergolong rendah hanya sebesar 37,72 dari skor maksimal 100.

Dari riset ini, area financial safety masyarakat Indonesia masih sangat rendah dengan indikator meliputi kemampuan memenuhi kebutuhan finansial keluarga, menabung secara rutin, dan memiliki dana darurat untuk menghadapi situasi mendesak.

Baca juga: Dampak jika Literasi Keuangan Rendah

Tergerak untuk meningkatkan angka melek finansial, Bank Neo Commerce Tbk (BNC) bekerja sama dengan Ikatan Apoteker Indonesia menyelenggarakan rangkaian edukasi finansial ke kalangan apoteker di acara Bali Pharmacy Festival 2022 yang berlangsung 22-24 September 2022 di Bali.

Maritsen Darvita, VP of Marketing Bank Neo Commerce, mengatakan pihaknya melihat bahwa edukasi literasi keuangan masyarakat masih harus terus dilakukan secara berkelanjutan kepada berbagai lapisan masyarakat di Indonesia.

Karena itu, kehadiran BNC di Bali kali ini cukup berbeda, karena BNC ingin memberikan literasi dan edukasi terkait keuangan kepada masyarakat, sejalan dengan arahan dari OJK.

“Sebagai lembaga keuangan yang patuh, kami fokus mendukung gerakan dan program dari pemerintah. Dalam hal ini, kami memberikan edukasi terkait pengelolaan keuangan di era digital kepada para apoteker dan praktisi kesehatan yang hadir dalam rangkaian acara Bali Pharmacy Festival 2022,” ujar Maritsen dalam keterangan pers tertulis, Rabu 5 Oktober 2022.

Maritsen menambahkan, dalam enam bulan terakhir pihaknya aktif hadir di berbagai acara komunitas di berbagai kota, yaitu di Medan, Palembang, Jakarta, Bandung, Yogyakarta, Surabaya, Bandung, dan Denpasar dalam rangkaian beberapa kegiatan acara, yaitu FEKDI 2022, Neo Keliling #BuatSemua, neobank Localfest, Indonesia Modifications & Lifestyle Expo (IMX) 2022, dan neobank Community.

Sejumlah komunitas yang berpartisipasi sangat beragam mulai dari para mahasiswa, komunitas lifestyle dan musik, komunitas otomotif, para praktisi dan masyarakat umum, serta para profesional seperti apoteker.

Rangkaian kegiatan Bali Pharmacy ini dimulai dengan penyelenggaraan Kongres Pemilihan Ketua Regional Bali di hari pertama, kemudian Seminar dan Talkshow Nasional di hari kedua, dan ditutup dengan meriah oleh gelaran Konser Musik di hari ketiga.

“Salah satu tujuan utama BNC di 2022 ini adalah menjangkau semua kalangan, semua daerah, semua orang, dan kami buatlah kampanye #BuatSemua. Kami mencari cara yang efektif untuk dapat mengimplementasikannya. Salah satu cara yang kami pilih adalah berkolaborasi dengan komunitas dan juga media lokal," ujarnya.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat