androidvodic.com

ID Survey dan 7 BUMN Ramai-ramai Teken Komitmen Net Zero Emission - News

Laporan Wartawan News, Ismoyo

News, JAKARTA - Sejumlah BUMN menandatangani Letter of Intent Pelaksanaan Pilot Voluntary Carbon Market (VCM) BUMN di Nusa Dua Convention Center, Bali, Selasa (18/10/2022).

“Saat ini, walaupun Indonesia belum bisa mengembangkan beberapa teknologi terkait dekarbonisasi karena pengetahuan dan kemampuan yang terbatas, maka perlu juga berkolaborasi dengan negara lain yang sudah lebih mampu,” ujar Wakil Menteri BUMN I, Pahala Nugraha Mansury.

Sejumlah BUMN yang turut terlibat dalam pilot Voluntary Carbon Market ini adalah ID Survey, bersama tujuh BUMN lainnya, yakni PT Indonesia Asahan Aluminium, Perum Perhutani, PT Perusahaan Listrik Negara, PT Perkebunan Nusantara III, PT Pertamina, PT Pupuk Indonesia, dan PT Semen Indonesia.

ID Survey merupakan holding BUMN Jasa Survei yang terdiri dari PT Biro Klasifikasi Indonesia, PT Sucofindo, dan PT Surveyor Indonesia.

Pahala mengatakan, hal tersebut merupakan amanat Menteri BUMN Erick Thohir untuk memaksimalkan peluang yang ada dan terus mendorong seluruh BUMN memiliki alur yang tepat menuju Zero Emission 2060 agar ke depan bisa memanfaatkan energi ramah lingkungan dengan persentase mencapai 100 persen.

Pahala menjelaskan, dukungan BUMN tersebut untuk berkontribusi nyata dalam inisiatif dekarbonisasi dan akan melaksanakan pilot project carbon trading khusus antar BUMN dan bersinergi dengan Kementerian/Lembaga terkait. 

Baca juga: Bos PLN Dorong Penggunaan Kendaraan Listrik untuk Capai Net Zero Emission pada 2060

"Khususnya BUMN, akan bisa menjawab tantangan bagi Indonesia sebagai bagian dari negara G20 dengan melakukan transformasi dari energi kotor menjadi energi bersih dengan memanfaatkan efisiensi energi terbarukan," kata dia.

Sebelumnya, Erick Thohir mengungkapkan kementeriannya bertekad menjadikan Indonesia sebagai salah satu negara produsen energi hijau, dengan menyokong secara optimal upaya Pemerintah RI mencapai target Zero Emission di 2060 dan transisi energi berkelanjutan.

Baca juga: Investasi Berbasis Iklim Kunci Utama Capai Net Zero Emission

“Kami berharap para BUMN dapat menjalani prinsip ekonomi hijau dalam bertransformasi dan menjadi contoh baik bagi masyarakat Indonesia,” ujarnya.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat