androidvodic.com

Gramedia Asri Media-Dukcapil Genjot Pemanfaatan Kartu Identitas Anak, Beli Buku Bisa Dapat Diskon - News

Laporan Wartawan News, Ismoyo

News, JAKARTA - Kartu Indentitas Anak (KIA) kini tidak hanya berfungsi sebagai kartu indentitas semata, melainkan dapat digunakan untuk memperoleh potongan harga di tempat-tempat tertentu, salah satunya di Toko Buku Gramedia.

Kepastian tersebut setelah adanya penandatanganan perjanjian kerja sama antara Direktorat Jenderal Kependudukan dan Pencatatan Sipil, Kementerian Dalam Negeri Republik Indonesia (Kemendagri) dengan PT Gramedia Asri Media.

Perjanjian ini ditandatangani secara langsung oleh Direktur Jenderal Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kemendagri, Zudan Arif Fakrulloh dan Director Group of Retail & Publishing Kompas Gramedia, Herman Kristanto Masman.

Baca juga: Gramedia Rangkul Komunitas Komik dan Mainan Gaungkan Pop Culture

Zudan mengatakan, pada dasarnya, esensi kerja sama ini berisi perihal pemanfaatan KIA, serta dukungan pelayanan administrasi kependudukan dan penggunaan media dalam rangka sosialisasi pelayanan administrasi kependudukan.

Menurutnya, kerja sama ini adalah sebuah terobosan yang sangat ditunggu oleh pemerintah.

Zudan juga melihat, Gramedia merupakan salah satu perusahaan penyedia perlengkapan kebutuhan sekolah dan buku terbesar di Indonesia, tentunya sangat berpengaruh dan membantu pemerintah dalam menggaungkan kampanye penggunaan KIA kepada masyarakat Indonesia.

"Kerja sama peningkatan pemanfaatan ini sangat membantu pemerintah dan masyarakat. Tidak hanya meningkatkan pendataan warga negara dan menyuarakan kampanye penggunaan KIA secara lebih efektif, tetapi juga membantu meningkatkan kesejahteraan anak-anak bangsa dengan menyediakan akses yang mudah, serta penawaran-penawaran menarik buku-buku," ucap Zudan Arif di Gedung Kompas Gramedia Jakarta, Jumat (21/10/2022).

Sejak 2016, KIA adalah sebuah program pemerintah yang mewajibkan anak dengan rentang umur 0-5 tahun, dan 5-17 tahun, untuk memiliki kartu identitas resmi dari pemerintah.

Program ini bertujuan untuk meningkatkan pendataan warga negara, perlindungan, pemenuhan hak konstitusional anak sebagai warga negara, mendaftar sekolah, hingga kebutuhan data identitas untuk membuka tabungan, menabung, BPJS, serta keperluan lainnya.

"Kerja sama ini merupakan branding yang sangat bagus bagi Dukcapil dan Gramedia, menggaungkan manfaat-manfaat yang sangat menguntungan jika anak-anak menggunakan Kartu Identitas Anak," papar Zudan

"Harapannya dengan kerja sama ini, akan menumbuhkan minat baca anak-anak untuk lebih senang dan lebih banyak membaca buku, serta meningkatkan kemampuan daya kritis mereka, agar dapat melangkah menuju masa depan mereka yang lebih cerah," pungkasnya.

Acara penandatanganan ini juga dihadiri oleh David Yama selaku Ketua Pelaksana Direktur Pendaftaran Penduduk, dan hadir pula Yola Putriyani selaku HR & IT Director Gramedia.

Baca juga: Rayakan Idul Adha, Kompas Gramedia Menyalurkan Hewan Kurban di 9 Lokasi

Yola mengungkapkan, PT. Gramedia Asri Media bersama Kemendagri melihat perlu adanya peningkatan pemanfaatan dari KIA agar lebih bisa memenuhi fungsinya sebagai pemenuhan berbagai hak anak.

Salah satunya adalah pemenuhan kebutuhan hak intelektual seperti akses perlengkapan belajar, buku-buku, serta kebutuhan lainnya.

"Kami melihat adanya sebuah peluang peningkatan kebutuhan hak anak, seperti akses eksklusif dan mudah untuk anak-anak bisa memenuhi kebutuhan belajarnya, serta penawaran-penawaran lainnya yang sangat menarik untuk seluruh anak yang menggunakan KIA," papar Yola.

"Semoga kerja sama ini merupakan langkah awal Gramedia bersama dengan Kementerian Dalam Negeri bergandengan tangan untuk bisa melaksanakan kerja sama yang lainnya," pungkasnya.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat