androidvodic.com

Pesawat Rute Jakarta-Palembang Kembali ke Soetta Usai Terbang 3.000 Kaki, Ini Penjelasan Lion Air - News

Laporan Wartawan News, Ismoyo

News, JAKARTA - Sebuah unggahan viral di media sosial yang menginformasikan terkait adanya pesawat Lion Air yang disebut bermasalah saat baru lepas landas atau take off.

Adanya hal tersebut, Manajemen Lion Air Group langsung memberikan penjelasannya terkait insiden yang terjadi pada operasional penerbangan bernomor JT-330 pada Rabu (26/10).

Corporate Communications Strategic of Lion Air, Danang Mandala Prihantoro mengatakan, penerbangan dari Bandara Internasional Soekarno-Hatta (Soetta) tujuan Bandara Internasional Sultan Mahmud Badaruddin II (Palembang) sebelumnya telah dijalankan menurut standar operasional prosedur (SOP).

"Lion Air penerbangan JT-330 telah dipersiapkan secara tepat. Sebelum keberangkatan, pesawat Boeing 737-800NG registrasi PK-LKK dinyatakan layak dan aman dioperasikan melalui pengecekan awal (pre flight check)," ucap Danang saat dikonfirmasi Tribunnews, Rabu (26/10/2022).

Baca juga: Gangguan Cuaca, Pesawat Lion Air dari Sorong Gagal Mendarat di Manokwari, Dialihkan ke Biak

Danang melanjutkan, awalnya fase mengudara berjalan normal, di mana pilot menjalankan pengoperasian pesawat berdasarkan prosedur.

Namun, pada ketinggian jelajah 3.000 kaki, pilot merasakan kinerja pada salah satu komponen mesin pesawat tidak sesuai dengan yang semestinya dan menunjukkan perlu segera dilakukan pengecekan.

"Dalam memastikan faktor keselamatan dan keamanan penerbangan (safety first), pilot memutuskan untuk kembali ke bandar udara asal (return to base) di Bandar Udara Internasional Soekarno-Hatta," papar Danang.

Seperti diberitakan sebelumnya, informasi perihal adanya pesawat Lion Air yang disebut bermasalah ini diunggah akun Twitter @RadioElshinta.

Pesawat yang bermasalah itu disebut bernomor seri JT-330 menuju Palembang, Sumatera Selatan yang kembali ke Bandara Soekarno Hatta (Soetta).

Akun tersebut mengatakan bagian mesin sebelah kiri mengalami masalah. Bahkan, dalam cuitannya disebut buntut kejadian itu ada percikan api.

"Dari kesaksian Lukas Jonathan, salah satu penumpang JT330, sesaat setelah lepas landas mesin kiri "meledak & mengeluarkan api panjang" Dgn sigap pihak crew melakukan pendaratan darurat hanya menggunakan satu mesin," demikian bunyi cuitan postingan tersebut seperti dikutip, Rabu (26/10/2022).

Terkait itu, Polda Metro Jaya menyebut telah menerima adanya informasi tentang pesawat Lion Air JT-330 yang mengalami kendala teknis tersebut.

"Intinya ada pesawat tujuan Palembang take off 17.13 WIB mengalami kendala teknis," ucap Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Pol Endra Zulpan saat dihubungi.

Zulpan mengatakan buntut adanya masalah itu, pesawat tersebut kembali ke Bandara Soetta dan seluruh penumpang telah diberangkatkan kembali dengan pesawat lain.

"Setelah penumpang ditransitkan dan pesawat pengganti siap, tadi sudah take off kembali 19.40 WIB," jelasnya.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat