androidvodic.com

Didemo Karyawan Pensiunan, Pengelola TMII Janjikan Pesangon dan Bikin Surat Kesepakatan - News

Laporan wartawan Tribunnews, Ibriza Fasti Ifhami

News, JAKARTA - PT Taman Wisata Candi Borobudur, Prambanan & Ratu Boko (Persero) atau TWC selaku pengelola Taman Mini Indonesia Indah (TMII) berjanji akan memberikan dana pesangon para pensiunan karyawannya.

AVP Finance, Human Capital & General Affair TMII Leonardus Adityo Nugroho mengatakan,  salah satu perwakilan dari massa aksi protes pensiunan karyawan TMII, Tejo, bertemu langsung dengan Direktur Eksekutif TMII Emilia Eny Utari di gedung Pengelola Pusat TMII, Jakarta Timur, Selasa (1/11/2022).

Dalam pertemuan tersebut, para pensiunan karyawan TMII dan Emilia mencapai kesepakatan soal pemberian pesangon.

"Sudah tercapai suatu kesepakatan atau kesepahaman bahwa TWC, dalam hal ini manajemen berkomitmen membayarkan semua kewajiban yang ada pada manajemen TWC," kata Leo, di depan gedung Pengelola Pusat TMII, Selasa (1/11/2022).

"Tadi teman-teman (pensiunan) juga meminta pernyataan tertulis. Pak Tejo udah bertemu dengan ibu Emil selaku Dirut Eksekutif. Sehingga tercapai kesepakatan tertulis dan itu akan dituangkan, akan segera dirumuskan kesepakatan itu," sambungnya.

Leo menjelaskan, pemberian uang pesangon para pensiunan karyawan TMII akan diberikan bertahap. Untuk tahap pertama, uang pesaon akan diberikan sekitar tanggal 25 November 2022.

"Tadi udah terjadi kesepakatan juga, bahwa akan ada di November akhir, sekitar tanggal 25, itu tahap pertama," katanya.

Pemberian pesangon tahap kedua akan dilakukan pada akhir Desember 2022. Menjawab tuntutan massa aksi, Leo juga mengatakan, kesepakatan tersebut akan dirumuskan secara tertulis.

Baca juga: Pesangon Tak Kunjung Diberikan, Belasan Pensiunan Karyawan TMII Gelar Aksi Protes

"Untuk hitam di atas putih (surat kesepakatan), tadi bu Emil menyatakan segera akan dibuat," ujarnya.

Sebelumnya, para pensiunan karyawan Taman Mini Indonesia Indah (TMII) menggelar aksi penyampaian protes, di depan gedung Pengelola Pusat TMII, Jakarta Timur, Selasa (1/10/2022) pagi.

Aksi digelar untuk menyampaikan protes terkait dana pesangon para pensiunan karyawan TMII yang belum kunjung diberikan pihak PT Taman Wisata Candi Borobudur, Prambanan & Ratu Boko (Persero) atau TWC selaku pengelola TMII.

Baca juga: Presiden Jokowi Minta Tarif Tiket Masuk TMII Tidak Terlalu Mahal

Catur Yudi Anto, salah satu perwakilan massa aksi menuntut adanya perjanjian secara tertulis terkait pemberian dana pesangon tersebut.

"Karena semalam sudah ada janji akan dibayarkan tanggal 25 Oktober (2022), namun masih berupa telpon dan WA. Kami pagi ini fokus untuk menuntut janji itu secara tertulis," kata Catur, di depan gedung Pengelola Pusat TMII, Selasa.

Catur menjelaskan, permasalahan ini sudah berlangsung sejak bulan Maret tahun 2022.

"Kalau dihitung sudah dari bulan Maret tahun ini. Kalau hingga Oktober ya berarti sekitar delapan bulanan," jelasnya.

Catur mengatakan, hingga akhir tahun 2022, jumlah pensiunan karyawan TMII yang belum menerima pesangon sebanyak 30 orang.

Sementara, massa aksi yang hadir dalam aksi hari ini sekitar 17 orang. "17 orang (hadir hari ini)," sebut Catur.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat