androidvodic.com

Apa Itu APEC? Berikut Daftar Pemimpin Negara yang Hadiri KTT di Bangkok - News

Laporan Wartawan Tribunnews, Nur Febriana Trinugraheni

News, BANGKOK - Para pemimpin dan kepala pemerintah dari 21 anggota Kerja Sama Ekonomi Asia-Pasifik (APEC) berada di ibu kota Thailand, Bangkok, untuk pertemuan dua hari yang berakhir pada hari ini, Sabtu (19/11/2022).

Sebagai tuan rumah, Thailand berharap untuk membuat kemajuan dalam Diskusi Perdagangan Bebas Asia Pasifik (FTAAP), namun pembicaraan dilakukan di tengah ketegangan geopolitik atas perang di Ukraina dan konflik regional seperti Taiwan dan semenanjung Korea.

Forum APEC, yang dimulai pada Jumat (18/11/2022), secara resmi diadakan untuk mempromosikan integrasi ekonomi regional, namun pertemuan kali ini diperkirakan akan didominasi oleh dampak perang Rusia-Ukraina.

Baca juga: Airlangga: Presiden Ajak Seluruh Pihak di KTT APEC Bangun Ekosistem Digital

Lantas apa itu APEC? dan siapa saja yang menghadiri KTT kelompok itu di Thailand?

Apa itu APEC?

APEC adalah forum ekonomi regional yang didirikan pada 1989 untuk mempromosikan integrasi ekonomi. Sebagai sebuah kelompok, APEC berisi 38 persen dari populasi global, 62 persen dari PDB dan 48 persen dari perdagangan.

Anggota APEC

APEC memiliki 21 anggota yaitu:

Australia, Brunei, Kanada, ChilI, China, Hong Kong, Indonesia, Jepang, Korea Selatan, Malaysia, Meksiko, Selandia Baru, Papua Nugini, Peru, Filipina, Rusia, Singapura, Taiwan, Thailand, Amerika Serikat, dan Vietnam.

Pemimpin Negara yang hadir di KTT APEC

1. Wakil Presiden AS Kamala Harris

Kamala Harris menggantikan Presiden Joe Biden yang tidak bisa datang karena harus menghadiri pernikahan cucunya,.

Usai menghadiri pertemuan di Bangkok, Harris akan bertolak ke Filipina. Kunjungan Harris ke Filipina akan dilakukan di tepi Laut China Selatan yang disengketakan, sebuah langkah yang mungkin dilihat Beijing sebagai provokasi.

Amerika Serikat akan menjadi tuan rumah APEC pada 2023.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat