androidvodic.com

PUPR Mobilisasi Alat Berat, Jalan Cianjur-Cipanas Akan Bisa Dilintasi Lagi Siang Ini - News

Laporan Wartawan News, Yanuar Riezqi Yovanda

News, JAKARTA - Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) menyatakan, hingga pukul 01.45 WIB (22/11/22), pihkanya mengerahkan alat berat yang bekerja untuk menangani dampak gempa dari 2 sisi Cianjur dan sisi Cipanas.

Alat yang dikerahkan terdiri dari 6 unit ekskavator dan 6 unit dump truck.

Staf Ahli Menteri PUPR Bidang Teknologi, Industri dan Lingkungan sekaligus Juru Bicara (Jubir) Kementerian PUPR Endra S Atmawidjaja mengatakan, pengerahan alat berat ini diharapkan bisa membuat ruas jalan Cianjur-Cipanas kembali pulih siang ini.

"Menurut Menteri Basuki, insha Allah nanti siang sudah bisa kita bersihkan longsoran pada badan jalan, sehingga ruas jalan Cianjur-Cipanas bisa terbuka kembali," ujarnya kepada wartawan, Selasa (22/11/2022).

Dengan demikian, pihaknya berharap mobilisasi bantuan obat-obatan, tenaga medis, bahan pangan, dan sandang dapat menjadi lebih lancar.

"Selain itu, 6 hidran umum, 4 mobil tangki air dan 6 toilet portable juga sudah difungsikan di tenda-tenda pengungsian darurat, terutama di sekitar Pendopo Bupati dan RSUD Cianjur," kata Endra.

Diberitakan sebelumnya, Menteri PUPR Basuki Hadimuljono turut melakukan tinjauan ke lokasi longsor akibat gempa di Cianjur.

Kedatangan Basuki malam hari ini pada pukul 21.45 sesuai perintah dari Presiden Joko Widodo (Jokowi).

Baca juga: Aliran Listrik yang Menyala Tersisa 20 Persen Pasca Gempa Cianjur

"Menteri PUPR Basuki Hadimuljono meninjau lokasi longsor di Kecamatan Cugenang, Cianjur, tiba pukul 21.45 WIB. Gempa susulan masih terjadi di lapangan," ujar Staf Ahli Menteri PUPR Bidang Teknologi, Industri dan Lingkungan sekaligus Juru Bicara (Jubir) Kementerian PUPR Endra S Atmawidjaja kepada wartawan, Senin (21/11/2022).

Lebih lanjut, kata Endra, fokus penanganan saat ini dengan mengerahkan dua excavator yang sudah berada di lapangan untuk terus membersihkan pohon dan tanah longsoran yang menutup jalan Cipanas-Cianjur.

Baca juga: Takut Gempa Susulan, Sebagian Warga Cianjur Pilih Tidur di Luar Rumah

Dia menjelaskan, Kementerian PUPR di bawah koordinasi dengan Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) bergerak cepat menangani longsoran di Jalan Nasional Cianjur-Puncak akibat Gempa magnitudo (M) 5,6 di Cianjur yang terjadi Senin siang (21/11/2022).

Endra mengatakan, saat ini sedang dimobilisasi personil dan alat berat dari lokasi terdekat sekitar 10 kilometer untuk pembersihan jalan nasional dari pohon-pohon tumbang dan tanah dari  longsoran tebing.

Baca juga: Profil Sesar Cimandiri yang Membentang dari Pelabuan Ratu Sampai Subang Pemicu Gempa Cianjur

Hal ini dimaksudkan agar lalu lintas pada jalan nasional dari Puncak-Cipanas-Cianjur kembali normal untuk kelancaran penyaluran obat-obatan, tenaga medis, bahan makanan dan sandang/baju/selimut bagi warga terdampak.

"Sementara, kami mobilisasi 7 excavator dan 10 dump trucks sedang dalam perjalanan dari 2 arah (dari arah Bandung ke Cianjur dan dari arah Bogor-Cianjur)" katanya.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat