androidvodic.com

BI Prediksi Inflasi Desember 0,37 Persen, Komoditas Telur Ayam Jadi Penyumbang Utama - News

Laporan Wartawan News, Ismoyo

News, JAKARTA - Bank Indonesia (BI) memprediksi laju inflasi di bulan Desember 2022 akan mencapai 0,37 persen secara bulanan (month to month/mtm) mengacu pada hasil survei pemantauan harga yang dilakukan pada minggu kedua Desember 2022.

Direktur Eksekutif Departemen Komunikasi Bank Indonesia, Erwin Haryono mengatakan, penyumbang utama inflasi bulan ini ditempati oleh telur ayam ras.

“Komoditas utama penyumbang inflasi Desember 2022 sampai dengan minggu kedua yaitu telur ayam ras sebesar 0,07 persen (mtm), beras, tomat dan emas perhiasan masing-masing sebesar 0,03 persen (mtm)," jelas Erwin dalam keterangannya, (9/12/2022).

"Kemudian daging ayam ras, minyak goreng dan rokok kretek filter masing-masing sebesar 0,02 persen (mtm), serta cabai rawit, kangkung, bensin, dan tarif air minum PAM masing-masing sebesar 0,01 persen (mtm),” sambungnya.

Bank Indonesia juga mencatat sejumlah komoditas yang mengalami deflasi. Komoditas tersebut seperti cabai merah dan bawang merah masing-masing sebesar -0,01 persen (mtm).

Erwin mengungkapkan, Bank Indonesia akan terus memperkuat koordinasi dengan Pemerintah dan otoritas terkait.

Hal tersebut dilakukan untuk tetap mendorong pertumbuhan ekonomi di tengah tekanan eksternal yang meningkat.

Baca juga: BPS: Inflasi November Tertinggi Terjadi di Tanjung Selor, Tembus 9,20 Persen

"Serta terus mengoptimalkan strategi bauran kebijakan untuk menjaga stabilitas makroekonomi dan sistem keuangan guna mendukung pemulihan ekonomi lebih lanjut," pungkas Erwin.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat