androidvodic.com

Anggota Komisi V DPR Minta KCIC Hentikan Proyek Kereta Cepat Jakarta-Bandung - News

Laporan Wartawan News, Ismoyo

News, JAKARTA - Anggota Komisi V DPR, Irwan Fecho mendesak PT Kereta Cepat Indonesia-China (KCIC) untuk segera menghentikan pengerjaan proyek Kereta Cepat Jakarta-Bandung (KCJB).

Desakan ini muncul setelah terjadinya insiden kecelakaan KCJB di wilayah Kabupaten Bandung Barat, Jawa Barat, Minggu (18/12/2022).

Menurut Irwan, insiden ini merupakan bukti bahwa proyek KCJB belum memenuhi standar keamanan dan keselamatan.

Baca juga: PT KCIC Masih Lakukan Investigasi Terkait Insiden Kereta Cepat Jakarta-Bandung

"Segera stop sementara proyek kereta cepat Jakarta Bandung. Investigasi menyeluruh. Ini sangat penting dan prioritas. Menyangkut keselamatan dan keamanan penumpang dan juga kereta cepatnya ke depan," ucap Irwan kepada News, Senin (19/12/2022).

"Info awal kan lokomotif kereta cepatnya keluar lintasan dan menabrak kereta teknis. Ini sangat berbahaya. Artinya prinsip Safety, Security, Healty & Environmentnya bermasalah," sambungnya.

Irwan kembali menyayangkan, saat masa uji coba seperti ini daaja sudah kecelakaan dan menimbulkan korban jiwa.

Tentu sangat rawan dan berbahaya jika nanti fungsional dan saat mengangkut ribuan penumpang tiap harinya.

Untuk itu, proses investigasi secara menyeluruh harus segera tuntas.

"Proyek KCIC ini harus dihentikan sementara. Jangan dilanjutkan mengingat bukan hanya Safety dan Security serta Lingkungan yang bermasalah. Tetapi sejak dari perencanaan sampai dengan pembiayaan memang sudah buruk," pungkas Irwan.

Baca juga: Tewaskan Dua Orang, DPR Desak Evaluasi Proyek Kereta Cepat, KCIC: Proses Pembangunan Tetap Berjalan

Seperti diinformasikan sebelumnya, kereta teknis proyek Kereta Cepat Jakarta Bandung (KCJB) anjlok hingga menyebabkan rangkaian dan lokomotif kereta terlempar sekira 200 meter dari ujung jalur trase pada Minggu (19/12/2022) sekitar pukul 16.00 WIB.

Kejadian itu dibenarkan oleh Corporate Secretary KCIC, Rahadian Ratry.

"Sehubungan dengan beredarnya informasi mengenai kereta teknis yang keluar jalur di KCJB pada Minggu (18/12), PT KCIC menyampaikan bahwa kejadian tersebut saat ini masih dalam investigasi pihak terkait," ujarnya melalui keterangan tertulis yang diterima Tribun Jabar, Minggu (18/12/2022).

Sementara itu, Corporate Secretary KCIC, Rahadian Ratry, membenarkan terkait adanya kejadian kereta teknis yang keluar jalur tersebut dan hingga saat ini penyebab serta kronologisnya masih dalam proses investigasi pihak terkait.

"Sehubungan dengan beredarnya informasi mengenai kereta teknis yang keluar jalur di KCJB pada Minggu (18/12), PT KCIC menyampaikan bahwa kejadian tersebut saat ini masih dalam investigasi pihak terkait," ujarnya melalui keterangan tertulis yang diterima Tribun Jabar.

Akibat kejadian ini, empat orang pekerja dikabarkan mengalami luka-luka, namun terkait hal ini Rahadian belum bisa memastikan karena proses investigasi masih dilakukan.

Baca juga: Komisi V DPR: KCIC Harus Bertanggung Jawab Atas Kecelakaan Proyek Kereta Cepat Jakarta-Bandung

"Kejadian tersebut saat ini masih dalam investigasi, termasuk adanya informasi empat tenaga kerja yang terluka," kata Rahadian.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat