androidvodic.com

Bloomberg Bocorkan Rencana Akuisisi Wall Street Journal dan Washington Post - News

Laporan Wartawan News  Namira Yunia Lestanti

News, NEW YORK – Michael Bloomberg, pemilik portal media berita ternama di AS Bloomberg LP, dikabarkan tengah merencanakan pembelian surat Wall Street Journal dari Murdoch's News Corp, dan Washington Post milik Jeff Bezos

Hal ini terungkap dari laporan situs web berita Axios pada Jumat (23/12/2022). Dalam laporan tersebut Michael Bloomberg mengungkapkan ketertarikannya untuk mengakuisisi Wall Street Journal atau pesaingnya yakni  Washington.

Meski hingga kini Michael Bloomberg belum melakukan pembicaraan intens dengan  Jeff Bezos, dan Murdoch selaku pemilik media tersebut, informasi yang beredar menyatakan, akuisisi ini dapat memperluas peluang Bloomberg untuk mempromosikan agenda politiknya.

Ini mengingat Michael Bloomberg yang berasal dari Partai Demokrat AS saat ini tengah mencalonkan diri sebagai presiden Amerika di periode 2024. Usai menjabat sebagai walikota tiga periode untuk kota New York.

Menurut analisa Eli Noam, Profesor Emeritus di sekolah bisnis Universitas Columbia yang dikutip dari Reuters, akuisisi semacam itu akan memberikan peluang untuk Michael Bloomberg dalam mempengaruhi kebijakan publik Washington.

"Akuisisi mana pun akan memberi miliarder berusia 80 tahun itu properti media piala untuk mempublikasikan agenda politiknya seperti menangani perubahan iklim, atau mempromosikan undang-undang senjata yang lebih ketat," kata seorang sumber.

Pembelian Journal atau Dow Jones akan membuat Bloomberg tumbuh sebagai raksasa data dan berita keuangan terbesar di Amerika.

Baca juga: Binance Akuisisi FTX, Perusahaan Crypto Paling Tangguh di Dunia, Ini Penjelasannya

 Forbes mencatat total kekayaan dari pemilik Bloomberg saat ini telah tembus 76,8 miliar dolar AS hingga dapat mencatatkan diri sebagai orang terkaya ke-12 di dunia.

Belum diketahui kapan rencana akuisisi akan segera dilaksanakan, saat ini baik Jeff Bezos juga masih enggan memberikan komentar resmi.

Baca juga: Setelah Elon Musk Akuisisi Twitter, Para Pengguna Pindah ke Mastodon, Apa Itu?

Sementara itu, Murdoch dari Wall Street Journal tidak segera menanggapi permintaan komentar publik terkait rencana akuisisi yang akan dilakukan Michael Bloomberg.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat