androidvodic.com

Fokus Optimasi Bisnis, Ant Group Bantah Akan IPO dalam Waktu Dekat - News

Laporan Wartawan News, Mikael Dafit Adi Prasetyo

News, BEIJING – Ant Group belum berencana melaklukan penawaran umum perdana saham (IPO) di pasar modal karena ingin fokus mengoptimasi bisnis yang dikelolanya saat ini.

"Ant Group akan fokus pada perbaikan dan optimalisasi bisnis serta tidak memiliki rencana untuk IPO," kata juru bicara perusahaan, mengutip Reuters, Minggu (8/1/2023).

Sebelumnya, pengusaha asal China dan juga pendiri Ant Group, Jack Ma, pada Sabtu (7/1/2023) lalu telah menyerahkan kendali atas raksasa fintech tersebut, setelah tindakan keras dari Pemerintah China terhadap sektor teknologi yang menargetkan Jack Ma.

Dalam sebuah pernyataan, Ant Group mengatakan bahwa pihaknya sedang menyesuaikan struktur kepemilikannya sehingga "tidak ada pemegang saham, sendiri atau bersama dengan pihak lain, yang akan memiliki kendali atas Ant Group".

Pada November tahun lalu, penawaran umum perdana saham Ant Group senilai 37 miliar dolar AS dibatalkan pada menit-menit akhir.

Hal Ini menyebabkan restrukturisasi paksa perusahaan teknologi keuangan itu dan munculnya spekulasi bahwa Jack Ma harus menyerahkan kendalinya.

Jack Ma secara tidak langsung menguasai 53,46 persen saham Ant Group, membuatnya menjadi "pengendali" perusahaan. Namun, sekarang dia hanya akan memegang 6,2 persen hak suara setelah penyesuaian.

Baca juga: Miliarder Jack Ma Serahkan Kendali Raksasa Fintech China Ant Group

“Penyesuaian sedang diterapkan untuk lebih meningkatkan stabilitas struktur perusahaan kami dan keberlanjutan pengembangan jangka panjang kami,” kata pernyataan Ant Group.

Baca juga: Kendali Pendiri Alibaba Jack Ma dari Sektor Bisnis Mulai Dikikis

Ant Group juga mengoperasikan Alipay, platform pembayaran digital terbesar di dunia, yang memiliki ratusan juta pengguna bulanan di China dan negara-negara lain.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat