androidvodic.com

Realisasi Anggaran Kemenperin Capai 98 Persen di 2022 - News

Laporan Wartawan News, Lita Febriani

News, JAKARTA - Realisasi anggaran Kementerian Perindustrian mencapai 98,13 persen dari total pagu Rp 2,582 triliun pada tahun 2022.

Optimasi anggaran tersebut melampaui target yang ditetapkan, yakni sebesar 98,05 persen dan merupakan capaian tertinggi selama 10 tahun terakhir.

Sementara pada 2023, Kemenperin menargetkan penyerapan anggaran semester I tahun 2023 dapat mencapai 50 persen dan proses pengadaan barang/jasa selesai pada bulan Juni tahun 2023.

Pagu anggaran Kemenperin pada tahun 2023 sebesar Rp 3,217 triliun, yang akan dioptimalkan dalam tiga program prioritas, yakni Program Dukungan Manajemen Kemenperin, Program Nilai Tambah dan Daya Saing Industri, serta Program Pendidikan dan Pelatihan Vokasi.

Sekretaris Jenderal Kementerian Perindustrian Dody Widodo, mengatakan dengan capaian yang sangat baik di tahun 2022, Kemenperin menargetkan di tahun 2023 dapat mempertahankan kinerja dalam pelaksanaan anggaran.

"Kepada para kepala satuan kerja, diharapkan memberikan perhatian terhadap pelaksanaan seluruh program dan kegiatan serta melakukan monitoring dengan intens, karena memiliki tanggung jawab atas progres pencapaian realisasi anggaran," tutur Dody mewakili Menteri Perindustrian pada kegiatan Akselerasi Pelaksanaan Anggaran di Lingkungan Kementerian Perindustrian Tahun 2023, di Jakarta, Rabu (25/1/2023).

Kemudian, dalam rangka membangun akuntabilitas kinerja Kemenperin yang tertib sesuai peraturan berlaku, Kemenperin menegaskan pengelola anggaran harus dapat bertindak profesional, tepat waktu dan memberikan output yang bermanfaat.

Baca juga: Kemenperin Sebut IKM Alas Kaki Optimistis Bertahan di Tengah Isu Resesi Global

"Karena itu, para Pejabat Pembuat Komitmen (PPK) harus mengetahui dan memahami apa yang menjadi tanggungjawabnya, sehingga tidak berpotensi menimbulkan ketidaksesuaian di kemudian hari," tegas Dody.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat