androidvodic.com

Ekonomi RI Diprediksi Tumbuh Positif Tahun Ini Meski Menghadapi Ancaman Resesi Ekonomi - News

Laporan Wartawan News, Reynas Abdila

News, JAKARTA - Pertumbuhan ekonomi Indonesia pada 2023 ini diprediksi akan tumbuh dengan tren positif seiring adanya reformasi perpajakan meski perekonomian global sedang dihantui resesi.

Senior Advisor TaxPrime, Machfud Sidik mengatakan, selain langkah fundamental dan reformasi perpajakan, pemerintah Indonesia telah melakukan banyak mitigasi menghadapi perlambatan ekonomi

"Termasuk di antaranya krisis energi, isu crypto currency, serta memaksimalkan potensi komoditas yang harganya meningkat tajam," ucap Machfud dalam Webinar yang ditulis Jumat (3/2/2023).

Mantan Dirjen Pajak yang juga Senior Advisor TaxPrime Robert Pakpahan menyampaikan, optimisme pertumbuhan ekonomi di Indonesia relatif lebih tenang dihadapi.

Menurutnya, pemerintah secara berkelanjutan melakukan reformasi perpajakan, penerapan teknologi otomasi perpajakan, kerja sama multilateral yang makin diperkuat lewat Advance Pricing Agreement (APA), serta kebijakan Kawasan Ekonomi Khusus (KEK).

"Adanya signifikan perubahan dalam dalam sistem administrasi, maka compliance pajak
tidak dapat dihindari," ucapnya.

Pada kesempatan yang sama, Senior Advisor TaxPrime Wawan Setiyo Hartono menyampaikan, walaupun ada global uncertainty, Indonesia diprediksi akan mencapai pertumbuhan ekonomi walau tidak sebaik sebelumnya.

Ia menyebut, untuk merealisasikan pertumbuhan perlu pendanaan, di mana pemerintah melalui DJP melakukan reformasi untuk pertumbuhan penerimaan melalui volunteraly compliance, yaitu kepatuhan melalui sebuah sistem yang mendesain untuk patuh.

"Perusahan dapat memanfaatkan fasilitas dan harus menjaga kepatuhan," ucapnya.

Tax Compliance and Audit Advisor TaxPrime, Teguh Wisnu Purbaya menyoroti pembaharuan  sistem administrasi perpajakan dan otomasi dari otoritas.

Baca juga: IMF Revisi Proyeksi Pertumbuhan Ekonomi Global 2023, Berikut Isi Ramalannya

"Perusahaan harus mengantisipasi dengan meningkatkan internal compliance dan menerapkan strategi perpajakan yang baik dan  tidak lupa melakukan reviu dan mitigasi atas transaksi yang sudah ada dan akan dilakukan," paparnya. 

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat