androidvodic.com

Program Ekonomi Biru Pacu Hilirirasi Sektor Perikanan - News

Laporan Wartawan News, Nitis Hawaroh

News, JAKARTA - Menteri Kelautan dan Perikanan Sakti Wahyu Trenggono menyampaikan, implementasi program-program ekonomi biru akan memacu tumbuhnya industri hilirisasi sektor perikanan di Indonesia. 

Lima program ekonomi biru yang terdiri dari pengelolaan sektor kelautan dan perikanan yang berkelanjutan tersebut, juga akan meningkatkan nilai tambah produk yang dihasilkan. 

"Di dalamnya ada kebijakan penangkapan ikan terukur berbasis kuota, di mana nantinya kapal harus berangkat dan mendaratkan hasil tangkap di pelabuhan yang sama dan ikan tidak boleh dipindahkan ke kapal lain sebelum didaratkan untuk dihitung," kata Trenggono dalam keterangannya, dikutip Jumat (10/2/2023).

"Besar sekali multiplier effect yang dihasilkan, sehingga distribusi pertumbuhan ekonomi tidak melulu di Jawa," lanjutnya.

Trenggono memaparkan, melalui kebijakan PIT, transformasi tata kelola sub sektor perikanan tangkap akan mendorong tumbuhnya industri hilir perikanan di sekitar pelabuhan, seperti unit pengolahan ikan, distribusi produk perikanan, serta usaha-usaha lain.

Kata dia, hal itu dipacu oleh mekanisme perikanan tangkap yang mengharuskan kapal penangkap mendaratkan ikan di pelabuhan perikanan sesuai ketetapan pemerintah, yakni di sekitar lokasi penangkapan. 

"Mekanisme tersebut untuk menghadirkan pemerataan distribusi pertumbuhan ekonomi di wilayah sekitar lokasi penangkapan, sehingga tidak lagi terpusat di Pulau Jawa," paparnya.  

Dikatakan Trenggono, kebijakan ekonomi biru juga akan mendorong hilirisasi subsektor perikanan budidaya di Indonesia. 

Saat ini KKP tengah membangun model tambak udang berkelanjutan di Kebumen, Jawa Tengah, berisi 149 petak tambak di lahan seluas 69 hektare. 

Baca juga: Konsep ESG Dukung Keberlanjutan Ekosistem Kelautan dan Perikanan

Adapun untuk produktivitas per hektare tambak tersebut mencapai 40 ton per tahun dan mampu menghasilkan nilai ekonomi mencapai Rp 400 miliar. 

"Selain di Kebumen, model tambak serupa akan dibangun di wilayah lain untuk menggenjot produksi udang nasional yang ditargetkan mencapai 2 juta ton pada tahun 2024," ungkapnya.

"Selain udang, kami juga mengupayakan hilirisasi rumput laut. Saat ekspor kita masih raw material, tapi kita terus upayakan hilirisasi karena produktivitas rumput laut kita tinggi sekali," sambungnya.

Dia menambahkan, impelementasi kebijakan ekonomi biru di hulu sektor perikanan akan mengutamakan pekerja lokal sebagai pendukung kegiatan produksi sehingga kesejahteraan masyarakat bisa ikut meningkat dengan hadirnya ekosistem ekonomi inklusif yang dibangun pemerintah.

"Dampak ekonominya luar biasa, penyerapan tenaga kerjanya juga demikian, di mana kita tetapkan bahwa tenaga kerja di pelabuhan atau kapal-kapal harus mengutamakan ABK lokal, begitu juga di tambak-tambak yang dibangun," tegasnya.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat