androidvodic.com

Pasok ke Katering dan UMKM, Bisnis Marinasi Incar Kenaikan Produksi 30 Persen Selama Ramadan - News

Laporan Wartawan Tribunnews, Choirul Arifin

News, JAKARTA - Bisnis jasa maklon makanan kini makin menjanjikan.

Bisnis ini membantu para pengusaha kuliner seperti rumah makan, kafe hingga katering dan pebisnis kuliner UMKM dalam penyediaan bahan baku makan yang higienis. 

Saat mendekati bulan Ramadan dan selama Ramadan, bisnis ini biasanya mengalami lonjakan omset karena meningkatnya kegiatan berbuka bersama di restoran maupun di instansi yang memesan makanan menu berbuka melalui katering. 

"Pada bulan puasa produksi kami bisa naik sekitar 30 persen dari produksi pada bulan-bulan biasanya," ujar Akhdan Habibie Darwis, Marketing & Sales Manager PT Kuliner Suskes Inovatif [Marinated Pro] dalam perbincangan dengan bisnis jasa maklon makanan yang digeluti perusahaannya baru-baru ini. 

Akhdan menjelaskan, sejak 10 tahun ini Marinated Pro bergerak di bisnisjasa produksi yang berfokus pada pengolahan marinasi ayam dan daging, packaging hingga ke tahap pembekuan didukung tim quality control team.

Pasar yang digarap adalah pelaku bisnis kuliner skala besar hingga skala UMKM yang membutuhkan pengadaan bahan baku ready to cook seperti ayam bumbu marinasi, patty burger, bakso dan frozen food lainnya.

"Selama ini kami membantu para pelaku usaha restoran, cafe, catering dalam menyediakan bahan baku ayam dan sapi yang segar dan juga memarinasi ayam juga sapi sampai meresap sampai ke dalam," ujarnya.

"Kita juga menangani  tahap packing sampai pembekuan," imbuhnya.

Untuk standar kebersihan dan kehalalan bahan yang digunakan, Akhdan mengaku perusahaannya sudah mengantongi sertifkat BPOM.

Di jasa maklon ini, Akhdan menyatakan pihaknya memasok kebutuhan daging marinasi ke kliennya yang menyebar hingga Kota Medan dan Pekanbaru selain jabodetabek

Menyinggung volume produksi, Akhdan mengatakan dalam 1 bulan perusahaannya bisa memproduksi dan memasarkan hingga 50 ton.

"Permintaan paling tinggi biasanya untuk chicken pop corn karage," ujar Akhdan.

Selain memasok bahan makanan yang sudah dimarinasi, pihaknya juga membantu para mitranya dalam mengurus legalitas dan izin usaha di BPOM dan sertifikasi halalnya.

Baca juga: Teknik Marinasi yang Benar, Rendaman Daging dan Ikan dalam Bumbu agar Gurih dan Empuk

Jasa marinasi produk olahan ayam dan daging ini makin diminati karena penyedia jasa ini bisa mengkustomisasi rasa seperti yang diinginkan klien.

Akhdan menjelaskan, bermitra dengan penyedia jasa maklon makanan seperti Marinated Pro, mitra tidak lagi pusing oleh urusan higienitas dan standar rasa bahan baku produk nyang akan dipasarkannya ke konsumen. 

Tapi juga membuat mereka tidak perlu lagi memikirkan tempat produksi dan quality control karena ditangani langsung oleh perusahaan penyedia maklon.

Untuk memacu penjualan, Akhdan menyatakan pihaknya kini memperluas kemitraan dengan merangkul distributor baru, termasuk reseller dan pelaku bisnis eceran seperti pengusaha restoran, kafe atau katering yang ingin memulai bisnis. Pihaknya tidak menetapkan minimal order untuk setiap pembelian, termasuk eceran.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat