androidvodic.com

Indonesia Tuan Rumah Forum Air Dunia 2024, Menteri PUPR Bahas Solusi Bidang Keairan  - News

Laporan Wartawan News, Yanuar Riezqi Yovanda 

News, JAKARTA - Presiden World Water Council (WWC) Loïc Fauchon mengajak seluruh negara yang akan hadir dalam forum World Water Forum ke-10 di Bali pada 2024 mendatang agar menjadikan pertemuan ini sebagai momentum peningkatan kerja sama untuk pengelolaan air secara global. 

"Kita membutuhkan kemauan politik yang besar antar negara untuk bekerja sama, untuk itulah tujuan diadakannya forum internasional khusus membahas tentang air seperti World Water Forum. Permasalahan air harus menjadi salah satu prioritas utama bagi seluruh negara di dunia saat ini," kata Loïc Fauchon dalam siaran pers, Selasa (14/2/2023).

Menurut Fauchon, permasalahan air sangat penting, karena air merupakan sumber daya alam yang tidak bisa manusia produksi sendiri. 

"Saya mengajak semua politikus untuk berhenti mengabaikan pentingnya pengelolaan air," katanya.

Dia menambahkan, negara-negara Asia Tenggara memiliki banyak sumber daya air namun belum dikelola dengan baik. Sementara, pertambahan penduduk yang masif juga menjadi tantangan tersendiri untuk mencukupi kebutuhan air bersih. 

Pemerintah Indonesia sebagai tuan rumah  World Water Forum ke-10 tahun 2024 terus mengadakan sejumlah acara sebagai rangkaian persiapan menuju acara puncak. 

Setelah penyelenggaraan National Stakeholders Forum (NSF) sebagai 3rd Announcement, pemerintah Indonesia melanjutkan persiapan kick off meeting pada 15 Februari hingga 16 Februari 2023 mendatang di Jakarta Convention Center (JCC). 

Baca juga: Dewan Sumber Daya Air Nasional Rekrut Anggota Unsur Non Pemerintah

Menteri PUPR Basuki Hadimuljono dalam laporannya mengatakan, kick off meeting World Water Forum ke-10 akan sekaligus menjadi pertemuan pertama bagi para pemangku kepentingan di pengelolaan Sumber Daya Air (SDA). 

"Kick-off meeting nanti akan dihadiri 1.000 peserta. Setiap peserta dapat memberikan kontribusi terhadap upaya mencari solusi atas tantangan bidang keairan, baik di skala regional, nasional maupun global," ujar Menteri Basuki. 

Baca juga: Fokus pada Pengelolaan Sumber Daya Air Jadi Kunci Kedaulatan Pangan

Sekadar informasi, World Water Forum merupakan forum lintas batas terbesar di dunia yang fokus dalam pembahasan isu-isu air dan mencari solusi global sebagai jawaban atas isu-isu tersebut . 

World Water Forum ke-10 yang akan dilaksanakan pada 18 Mei hingga 24 Mei 2024 nanti mengusung tema “Water for Shared Prosperity”. 

Baca juga: Potensi Sumber Daya Air Indonesia Berlimpah, Baru Sedikit yang Dimanfaatkan

Dengan membawa harapan bahwa World Water Forum menjadi ajang berbagai stakeholder dari berbagai negara untuk berbagi pengalaman dan inovasi merespon berbagai tantangan pengelolaan air secara global. 

Pemerintah menargetkan kehadiran kepala negara, menteri, 10.000 delegasi dan 30.000 peserta (termasuk partisipan, pengunjung pameran tentang air dan UMKM) dari 172 negara yang terdiri dari unsur-unsur pemerintah, parlemen, swasta, akademisi, praktisi, asosiasi, serta masyarakat pada lingkup nasional dan internasional.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat