androidvodic.com

DPR Desak Pembenahan Jalur Pansela Jelang Periode Mudik Lebaran 2023, Ini Respon Menhub Budi Karya - News

Laporan Wartawan News, Ismoyo

News, JAKARTA - Komisi V Dewan Perwakilan Rakyat RI (DPR-RI) mendesak Pemerintah untuk mempercepat penyelesaian sekaligus perbaikan di beberapa titik jalur Pantai Selatan Jawa, atau biasa disebut Pansela.

Desakan ini muncul dari Ketua Komisi V DPR-RI, Lasarus, saat melakukan rapat dengar pendapat bersama Kementerian Perhubungan serta Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyatnya (PUPR).

Menurut Lasarus, Pansela harus menjadi pilihan masyarakat yang hendak melakukan perjalanan, baik ke arah barat atau pun timur Pulau Jawa.

Baca juga: Lakukan Peninjauan, Kakorlantas Polri Beri Tips Mudik Aman Lewat Jalur Pansela

Terlebih lagi, opsi ini sangat dinantikan, mengingat periode mudik Lebaran 2023 akan jatuh sekitar 2 bulan lagi.

"Kami dapat laporan, Pansela itu fasilitas keselamatan jalannya itu masih perlu kita tingkatkan dalam rangka nanti mudik lebaran," papar Lasarus di ruang rapat Komisi V DPR-RI Jakarta, Rabu (15/2/2023).

"Kondisi jalan sebenarnya sudah cukup bagus, tapi di Kabupaten-Kabupaten jalur Pansela ini masih banyak laporan terkait fasilitas," sambungnya.

Dalam kesempatan yang sama, Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi langsung memberikan responnya.

Menurut Menhub, Pansela memang menjadi prioritas Pemerintah. Mengingat, banyak juga masyarakat yang mudik ataupun melakukan perjalanan jarak jauh dengan memilih Pansela sebagai rute utama.

Budi juga mengkonfirmasi, bahwa memang terdapat segmen atau titik jalur Pansela yang kondisinya tidak cukup baik.

Baca juga: Hadapi Arus Mudik Lebaran 2023, Ramai-ramai Perbaiki Jalur Pansela Urai Kepadatan di Jalan Tol

"Pansela menjadi perhatian kita, oleh karenanya Kakorlantas bersama Ditjen Perhubungan Darat menyusur dari Banten, Jawa Barat, kemudian sampai ke Jawa Tengah," papar Budi Karya.

"Masih terdapat penggalan-penggalan yang belum baik. Sehingga kami rekomendasikan tidak terlalu mengcampaign Pansela," lanjutnya.

Untuk itu, ke depannya Kementerian Perhubungan dan Kementerian PUPR akan membahas lebih dalam terkait penyelesaian dan perbaikan di sejumlah titik jalur Pansela.

"Saya informal sudah bicara ke Pak Dirjen (Bina Marga Kementerian PUPR). Jadi nanti kami akan koordinasi dengan PU mungkin bisa kita lakukan perbaikan," pungkasnya.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat