androidvodic.com

Hari Ini Harga Beras Mengalami Kenaikan, Berikut Daftar Harga di Semua Provinsi - News

Laporan wartawan News, Endrapta Pramudhiaz

News, JAKARTA - Harga beras hari ini terpantau mengalami kenaikan. Masing-masing beras medium dan premium mencatatkan kenaikan kurang dari satu persen.

Mengutip data Sistem Pemantauan Pasar dan Kebutuhan Pokok Kementerian Perdagangan (SP2KP Kemendag) pada Rabu (15/2/2023), harga rata-rata beras medium naik 0,86 persen menjadi Rp 11.700 per kilogram.

Harga beras premium juga mengalami kenaikan. Rata-ratanya secara nasional meningkat 0,75 persen, menjadi Rp 13.500 per kilogram.

Beras medium dengan harga tertinggi dapat ditemui di Sumatera Barat. Di provinsi tersebut, per kilogramnya dibanderol Rp 14.083.

Baca juga: Harga Bahan Pokok Rata-rata Naik: Minyakita Rp15.300 per Liter, Cabai Rawit Merah Rp57.200 per Kg

Sedangkan beras medium dengan harga terendah ada di Sulawesi Selatan. Harganya Rp 9.933 per kilogram.

Sumatera Barat kembali menempati posisi pertama terkait harga beras premium paling tinggi di Indonesia. Harganya Rp 16.125 per kilogram.

Untuk harga beras premium paling rendah di Indonesia kembali berada di Sulawesi Selatan. Harganya Rp 11.631 per kilogram.

Harga beras ini disebut Menteri Perdagangan Zulkifli Hasan (Zulhas) akan segera turun satu bulan mendatang. Ia optimis harga beras akan turun saat memasuki bulan Ramadan pada Maret 2023.

Murahnya harga beras disebut karena panen raya yang akan segera dimulai pada Maret 2023.

Ditambah, Perum Bulog kini sedang gencar melakukan operasi pasar dengan beras per kilogramnya dibanderol dengan harga eceran tertinggi (HET), yaitu Rp 9.450.

"Beras kan bulan depan sudah panen. Inshallah murah. Sekarang kita secara masif melakukan operasi pasar dengan beras Bulog seharga Rp 9.450," katanya di Tambun, Kabupaten Bekasi, Jawa Barat, Jumat (10/2/2023).

Berikut daftar harga beras medium dan premium di berbagai provinsi Indonesia:

Harga Beras Medium

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat