androidvodic.com

Dorong Ekosistem Digital, Jalin Pembayaran Nusantara Gelar BPD Forum - News

Laporan Wartawan Tribunnews, Sanusi

News, JAKARTA - Untuk mendorong percepatan digitalisasi ekonomi dan keuangan di Indonesia yang dimulai dari bank daerah, PT Jalin Pembayaran Nusantara (Jalin) dan PT Synxchro Digitaltransformasi Indonesia menggelar Jalin BPD Forum bertajuk “Synchronizing the National Financial System”pada Selasa dan Rabu, 14-15 Februari 2023.

Direktur Utama Jalin Ario Tejo Bayu Aji menjelaskan gelaran Jalin BPD Forum yang untuk pertama kalinya diselenggarakan ini membahas berbagai isu strategis yang dihadapi perbankan daerah dalam mengakselerasi transformasi digitalisasi, khususnya melalui pengembangan Open Application Programming Interface (API) Pembayaran.

“Melalui kesempatan ini, kami mengajak BPD untuk saling berkolaborasi antar institusi guna menciptakan kenyamanan dalam penyelenggaraan sistem pembayaran bagi masyarakat, khususnya nasabah BPD,” ujar Ario pada kesempatan yang sama.

Melalui acara ini, masing-masing BPD dapat mendapatkan insight-insight menarik. Selain itu Forum BPD ini juga menghadirkan Bank Mandiri dan Jatelindo yang sebelumnya telah menerapkan sistem OpenAPI.

Baca juga: Perkuat Ekosistem Digital di Kawasan IKN dan Pulau Kalimantan, Telkom Resmikan neuCentrIX Pontianak

''Diharapkan pihak BPD nantinya bisa memperhatikan dan aware akan skala listerasi digital pihaknya sehingga jika memang harus ditingkatkan maka BPD senantiasa akan melaksanakan pengoptimalan digitalisasi tersebut,'' teranganya.

Adapun demikian, Aries menambahkan bahwa pihaknya berharap Bank Mandiri dan Jatelindo dapat memberikan inspirasi perihal bagaimana membangun ekosistem digital karena digital yang dimaksud bukan hanya peralihan dari kartu menjadi mobile banking.

Baca juga: Dorong Ekosistem Digital di Bekasi, Jababeka Gelar Pelatihan Startup

Dia pun berharap acara tersebut mendorong DPD membangun ekosistem digital. “Harapan kita dari acara ini teman-teman DPD dapat membangun ekosistem nya yang tentunya kekuatan BPD adalah di pemerintah daerah,” katanya.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat