androidvodic.com

Selasa Pagi Rupiah Bergerak Melemah ke Level Rp15.200 per Dolar AS, Ini Penyebabnya - News

Laporan Wartawan News, Ismoyo

News, JAKARTA - Nilai tukar mata uang rupiah terhadap dolar Amerika Serikat (AS) di level Rp15.171 pada Selasa pukul 09.57 WIB (21/2/2023).

Jika dicermati lebih detail, nilai tukar mata uang Garuda melemah tipis 12 poin.

Di mana sebelumnya pada kemarin (20/2/2023), nilai tukar rupiah di level Rp15.159.

Pengamat Pasar Keuangan, Ibrahim Assuaibi mengatakan, fluktuasi nilai tukar mata uang Garuda pada kemarin disebabkan sejumlah faktor, baik internal maupun eksternal.

Baca juga: Menjelang Siang, Nilai Tukar Rupiah Bergerak Melemah ke Arah Rp15.200 per Dolar AS

Untuk eksternal, fluktuasi rupiah terdorong sentimen indeks dolar AS yang juga mengalami dinamika imbas adanya wacana kebijakan Federal Reserve atau The Fed, yang diprediksi bakal kembali melakukan pengetatan suku bunga.

"Dolar berada di posisi terdepan pada hari Senin, didukung oleh serangkaian data ekonomi yang kuat dari Amerika Serikat, sehingga para pedagang (pasar keuangan) bertaruh akan mempertahankan Federal Reserve pada jalur pengetatan kebijakan moneternya lebih lama dari perkiraan semula," ucap Ibrahim dalam analisanya, (21/2/2023).

Sementara untuk faktor internal, fluktuasi rupiah terdorong sentimen adanya Undang-Undang Nomor 4 Tahun 2023 tentang Pengembangan dan Penguatan Sektor Keuangan (PPSK).

Digadang-gadang, Undang-undang yang dirumuskan sangat komprehensif tersebut bakal menunjang kinerja dari 4 lembaga keuangan di bawah Kementerian Keuangan.

Dengan adanya berbagai faktor tersebut, nilai tukar rupiah pada sore ini diprediksi masih akan mengalami fluktuasi. Namun akan cenderung mengalami penguatan.

"Untuk perdagangan hari ini, mata uang rupiah kemungkinan dibuka berfluktuatif namun ditutup menguat direntang Rp15.140 hingga Rp15.190," pungkas Ibrahim.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat