androidvodic.com

Dorong Digitalisasi Dunia Medis, B Braun Kenalkan Peranti Infus Berbasis Artificial Intelligence - News

Laporan Wartawan News, Choirul Arifin

News, JAKARTA  - Kementerian Kesehatan RI terus mendorong transformasi digital di dunia medis di Indonesia untuk meningkatkan layanan pasien. 

Merespon hal tersebut, perusahaan alat kesehatan berbasis di Jerman, B Braun, memperkenalkan alat infus berbasis teknologi informasi (IT) di Indonesia.

Peranti medis Smart Infusion Ecosystem ini diperkenalkan di sela simposium dokter anastesi seluruh Indonesia yang berlangsung Jum’at 24 Februari 2023 kemarin di Jakarta.

Baca juga: Gandeng Tenaga Medis Kolinlamil, Kemenhub Gelar Vaksinasi Booster Kedua di Tanjung Priok

Investasi B. Braun pada Smart Infusion Ecosystem ini sejalan dengan kerangka strategi transformasi Ekosistem Kesehatan Digital tahun 2024 oleh Kementerian Kesehatan yang merujuk pada seluruh aspek medis seperti perawatan klinis,administrasi, dan layanan pendukung.

B Braun saat ini sudah mengoperasikan pabrik sendiri di Kawasan Industri Cikarang di Cikarang, Jawa Barat. Smart Infusion Ecosystem untuk Indonesia ini disiapkan B Braun melalui unit Space infusion pumps dan Onlinesuite applications.

Kolaborasi Space plus dan Online Suiteplus membentuk sebuah ekosistem unik yang memungkinkan pertukaran data dua arah pada jaringan rumah sakit.

Setiap infusion pump dilengkapi dengan modul WiFi yang terintegrasi, menghasilkan pertukaran data terapi yang berkelanjutan bahkan selama terapi berjalan dengan perlindungan cyber security yang tinggi.

Duta Besar Jerman untuk Indonesia H.E Ina Lepel di sela acara peluncuran mengatakan, secara umum terdapat banyak potensi kerja sama antara Jerman dan Indonesia. Salah satunya adalah transformasi digital dalam layanan kesehatan.

Baca juga: Kemenkes Kirim 65 Tenaga Medis dan 2,5 Ton Logistik Kesehatan untuk Korban Gempa Turki-Suriah

“Transformasi digital dapat berkontribusi pada peningkatan hasil pasien, peningkatan efisiensi, penghematan biaya dan manajemen data yang lebih baik. Pemerintah Jerman siap mendukung kesehatan Indonesia dalam upaya ini,” ujarnya.

Karena itu, dia menyatakan bangga B.Braun memiliki jejak kiprah yang sangat besar di dunia kesehatan di Indonesia dengan menyediakan solusi bisnis perawatan kesehatan yang cerdas, melalui pendirian pabrik di Karawang dan training center di Tabanan.

"Peluncuran Space plus dan OnlieSuitePlus hari ini merupakan kesuksesan lanjutan dalam sejarah panjang B.Braun di Indonesia,” ujarnya.

Joern Lubadel, B.Braun Global Head of Product Security mengatakan Ekosistem Spaceplus dan OnlineSuitePlus memberikan standar terbaru pada keamanan siber layanan kesehatan berkat aspek keamanan yang diutamakan.

Peranti ini dilengkapi dengan desain hardware dan software yang inovatif, sesuai dengan praktik dan rekomendasi industri saat ini serta standar internasional terbaru.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat