androidvodic.com

Penerbangan di Bandara Soetta Sempat Bermasalah Imbas Cuaca Buruk, AP II Pastikan Telah Normal - News

Laporan wartawan News, Endrapta Pramudhiaz

News, JAKARTA - Cuaca buruk di wilayah udara Bandara Soekarno-Hatta (Soetta) pada Minggu (26/2/2023) menyebabkan sejumlah pesawat mengalihkan penerbangan ke bandara lain (divert), dan juga kembalinya pesawat ke bandara asal (return to base/RTB).

PT Angkasa Pura II mengatakan, pada pukul 23.00 - 01.00 WIB juga telah dilakukan perawatan (maintenance) terhadap bagian kecil dari runway utara guna mendukung operasional berjalan secara baik.

"AP II memastikan saat ini ketiga runway di Bandara Soekarno-Hatta dapat digunakan dengan baik," kata SM of Branch Communications & Legal Bandara Soekarno-Hatta M Holik Muardi dalam keterangannya, Senin (27/2/2023).

Baca juga: Ponsel Penumpang Terbakar di Dalam Pesawat, Penerbangan Lion Air Rute Kupang-Surabaya Tertunda

Pagi ini, operasional penerbangan telah berjalan baik, di mana tercatat sudah ada 25 pergerakan pesawat keberangkatan dan kedatangan.

"Bandara Soekarno-Hatta mengutamakan keselamatan dan keamanan penerbangan dan memenuhi peraturan yang berlaku," ujar Holik.

Berdasarkan Peraturan Menteri Perhubungan Nomor 95 Tahun 2021 Tentang Peraturan Keselamatan Penerbangan Sipil Bagian 139, tercantum antara lain inspeksi kelayakan aerodrome harus dilaksanakan antara lain setelah terjadi badai, angin ribut atau cuaca buruk lainnya.

Operasional penerbangan juga mengacu pada Surat Edaran Nomor SE 47 Tahun 2020 tentang Kegiatan Operasional Penerbangan Pada Kondisi Weather Minima

Sebelumnya, akibat cuaca buruk, pesawat Garuda GA 325 rute Surabaya-Jakarta melakukan return to base (RTB) ke Bandara Juanda Surabaya, Minggu (26/2/2023).

Airnav Indonesia membenarkan hal itu ketika dikonfirmasi News.

"(karena faktor, red) Cuaca, jarak pandang terganggu," ujar Sekretaris Perusahaan Airnav Indonesia Rosedi.

Berdasarkan penuturan salah satu penumpang Garuda, pesawat Boieng 737-800 tersebut saat ini masih berada di Bandara Juanda dan menunggu untuk terbang kembali ke Bandara Soekarno Hatta, Cengkareng.

Baca juga: Akibat Cuaca Buruk Empat Penerbangan Menuju Bali Terpaksa Divert

"Sampai pukul 21.30 wib, penumpang masih ada di dalam pesawat," ujar penumpang tersebut.

Menurut dia, baru saja petugas darat yang memberikan informasi setelah isi avtur, penerbangan bisa dilanjutkan ke Cengkareng.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat