androidvodic.com

Harga Cabai Rawit Merah Tembus Rp 65.100 Per Kg, Dua Minggu Menjelang Ramadan - News

Laporan wartawan News, Endrapta Pramudhiaz

News, JAKARTA - Harga cabai rawit merah terpantau mengalami kenaikan harga sekitar dua pekan menjelang Ramadan ini.

Mengutip data Pusat Informasi Harga Pangan Strategis (PIHPS) Nasional pada Minggu (5/3/2023), harga rata-rata cabai rawit merah naik 1,96 persen atau Rp 1.250 menjadi Rp 65.100 per kilogram.

Dilihat dari perkembangan harga di setiap provinsi, Kalimantan Utara menjadi daerah dengan harga cabai rawit merah termahal di Indonesia, Rp 105 ribu per kilogram. Paling murah ada di Sumatera Utara, per kilogramnya dibanderol Rp 34.250.

Data dari Sistem Pemantauan Pasar dan Kebutuhan Pokok Kementerian Perdagangan (SP2KP Kemendag) juga mencatat kenaikan pada harga cabai rawit merah. Harganya naik 0,63 persen atau Rp 400, menjadi Rp 63.700 per kilogram.

Berbeda dengan PIHPS Nasional, SP2KP Kemendag mencatat harga cabai rawit merah termahal ada di Nusa Tenggara Timur.

Di provinsi tersebut, harganya menyentuh angka Rp 92.222 per kilogram. Sedangkan untuk yang termurah ada di Sumatera Utara, di mana per kilogramnya dibanderol sebesar Rp 36.667.

Sebelumnya, Dewan Pimpinan Pusat Ikatan Pedagang Pasar Indonesia (DPP IKAPPI) sempat mencatat beberapa kenaikan harga komoditas dalam beberapa pekan terakhir. Ia mengatakan hal tersebut menimbulkan kegaduhan di masyarakat.

Sekretaris Jenderal DPP IKAPPI Reynaldi Sarijowan mengatakan cabai rawit merah yang saat ini harganya Rp 60 ribu per kilogram dan cabai merah TW dibanderol Rp 65 ribu per kilogram.

Baca juga: Ramadan Kian Dekat, Harga Bahan Pokok Bawang Merah dan Putih Kompak Naik

"Kenaikan tersebut terjadi usai Natal dan Tahun Baru (Nataru), lebih tepatnya setelah tahun baru," katanya, Kamis (23/2/2023).

Harga cabai rawit merah tadinya sebesar Rp 50 ribu per kilogram. Sedangkan cabai merah TW sebelumnya Rp 55 ribu per kilogram. Semua itu naik setelah tahun baru 2023.

Lalu, komoditas bawang turut mengalami kenaikan harga. Bawang merah kini dibanderol Rp 45 ribu per kilogram dan bawang putih Rp 38 ribu per kilogram.

Baca juga: Harga Minyak Goreng Terbaru Hari Ini, 5 Maret 2023 di Alfamart dan Indomaret: Bimoli hingga Tropical

Minyak goreng curah merek Minyakita yang belakangan ini ramai diperbincangkan juga masih dibanderol di atas harga eceran tertinggi (HET) Rp 14 ribu, yaitu Rp 15 ribu per liter.

"Daging, telur, ayam, gula pasir, dan garam juga mengalami kenaikan yang cukup tinggi di beberapa pekan terakhir ini," ujar Reynaldi.

Reynaldi mengatakan tingginya harga biasanya baru terjadi 15 hari sebelum bulan Ramadan masuk.

"Tetapi, ini masih jauh dari 15 hari tersebut, beberapa bahan pokok sudah mulai cukup tinggi harganya," katanya.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat