androidvodic.com

Jasa Marga Tingkatkan Kualitas Jalan Tol Bogor Ring Road, Lakukan Sejumlah Pemeliharaan - News

Laporan wartawan News, Endrapta Pramudhiaz

News, JAKARTA - Jasa Marga telah melakukan beberapa pekerjaan terkait peningkatan kualitas jalan dan beautifikasi jalan tol Bogor Ring Road (BORR).

Adapun pengerjaannya dilakukan melalui kelompok usaha milik Jasa Marga, yaitu PT Marga Sarana Jabar (MSJ) selaku pengelola jalan tol BORR.

"Pekerjaan peningkatan kualitas jalan tol dan beautifikasi ini dimulai sejak Juni 2022 dan telah diselesaikan pada Februari 2023," kata Direktur Utama MSJ Dedi Krisnariawan Sunoto dalam keterangannya, Minggu (5/3/2023).

Baca juga: Jalan Tol Semarang-Demak Bakal Dilintasi 16.934 Kendaraan per Hari, Waktu Perjalanan Jadi 20 Menit

Pekerjaan pemeliharaan yang juga dilakukan sebagai upaya pemenuhan Standar Pelayanan Minimum (SPM) ini dilaksanakan dalam beberapa program seperti pengecatan marka jalan seluas 478 m2, pemasangan guard rail baru sepanjang 6.272 km, dan pengecatan Median Concrete Barrier di sepanjang Jalan Tol BORR seluas 1.840 m2.

Selain itu, ada pembersihan dan pengecatan parapet di sepanjang Jalan Tol BORR seluas 41.042 m2, pemeliharaan panel PJU dan kabel instalasi guna menjaga agar panel PJU tetap berfungsi baik, serta penghijauan (beautifikasi) dengan penanaman tanaman Perdu di KM 0+000 seluas 150 m2.

Dedi menyebut MSJ juga secara rutin melakukan pemeliharaan jalan dengan scrapping filling dan overlay.

Tak hanya itu, ada juga tim sapu lubang yang bertugas melakukan penutupan lubang guna memastikan keselamatan pengguna jalan.

"Program peningkatan kualitas jalan dan senantiasa menjaga kelancaran lalu lintas ini, selain dilakukan untuk memberikan kenyamanan berkendara, juga diharapkan dapat mencegah terjadinya kecelakaan lalu lintas sehingga dapat menekan angka kecelakaan," kata Dedi.

Selama 2022, pihaknya mencatat, terjadi penurunan tingkat kecelakaan 26,3 persen dibandingkan dengan 2021.

Baca juga: Hari Ini Presiden Jokowi akan Resmikan Jalan Tol Semarang-Demak

Menurut Dedi, keberadaan Jalan Tol BORR ini berperan untuk mengurai kepadatan lalu lintas di Kota Bogor terutama di Jalan Sholeh Iskandar.

"Diharapkan, jalan tol BORR dapat memperlancar mobilisasi orang dan barang serta mampu peningkatan perekonomian di kota dan kabupaten Bogor," ujarnya.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat