androidvodic.com

Erick Thohir Pastikan Depo Pertamina Plumpang Akan Direlokasi ke Tanah Pelindo - News

Laporan Wartawan News, Ismoyo

News, JAKARTA - Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir mengkonfirmasi bahwa depo bahan bakar minyak (BBM) milik Pertamina yang berada di Plumpang, Jakarta Utara, akan segera direlokasi.

Nantinya, depo tersebut akan dipindahkan ke area tanah milik PT Pelabuhan Indonesia atau Pelindo di sekitar Tanjung Priok, Jakarta Utara.

Kepastian ini diungkapkan Erick setelah melakukan rapat bersama sejumlah pihak terkait. Seperti Pertamina dan juga Pemerintah Provinsi DKI Jakarta.

Baca juga: Depo BBM Plumpang Relokasi ke Tanah Pelindo, Dibangun Akhir 2024

"Lalu kami juga sudah rapat bahwa kilang akan kita pindahkan ke tanah Pelindo," ucap Erick Thohir kepada wartawan, Senin (6/3/2023).

Erick juga mengungkapkan, pihaknya sudah melakukan koordinasi dengan pihak Pelindo.

Namun, waktu pemindahan depo tidak bisa cepat. Hal ini dikarenakan butuh waktu untuk melakukan pembangunan depo.

"Kita sudah koordinasi dengan Pelindo, itu lahannya siap dibangun akhir 2024. Pembangunan memerlukan waktu 2 sampai 2,5 tahun. Artinya masih ada waktu 3,5 tahun," papar Erick.

"Nah karena itu kami memastikan dan membutuhkan dukungan Pemerintah daerah dan masyarakat. Karena ini bagian dari perlindungan masyarakat yang didorong presiden," pungkasnya.

Sebelumnya, Wakil Presiden RI Maruf Amin telah mengatakan akan merelokasi kawasan depo Pertamina.

Baca juga: Panglima TNI Tinjau Lokasi Kebakaran Depo Pertamina Plumpang

Rencananya depo Pertamina akan direlokasi di kompleks pelabuhan Pelindo.

Hal tersebut disampaikan Ma'ruf dalam konferensi persnya usai meninjau lokasi dan pengungsian warga korban kebakaran Plumpang.

"Saya berharap supaya Dipo ini supaya lebih aman itu bisa direlokasi di pelabuhan di daerah Pelindo," kata Ma'aruf kepada awak media, Sabtu (4/3/2023).

Lebih lanjut, wilayah yang di sekitar Dipo Pertamina saat ini nantinya ia harap akan ditata ulang kembali.

Supaya, seperti kata Ma'ruf, bakal menjadi lokasi hunian yang memenuhi syarat.

"Kemudian daerah ini akan ditata ulang supaya lebih teratur lebih baik dan aman dan memenuhi persyaratan sebagai suatu daerah yang berada di wilayah ibukota," ujarnya.

Diketahui Ma'aruf mengunjungi Kompleks Depo Pertamina, Jalan Tanah Merah Bawah RT 12/RW 9, Kelurahan Rawa Badak Selatan, Kecamatan Koja, Jakarta Utara.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat