androidvodic.com

Update KUR BRI 2023: Jenis Pinjaman, Limit Kredit hingga Cara Pengajuan - News

News – Berikut informasi seputar jenis dan syarat pinjaman, limit kredit, serta cara pengajuan program KUR BRI 2023.

Bank BRI resmi membuka penyaluran kredit usaha rakyat (KUR) 2023 untuk membantu masyarakat atau pelaku UMKM yang ingin melakukan pinjaman modal kerja.

KUR merupakan program pembiayaan dari pemerintah untuk mendorong kapasitas daya saing UMKM serta memberikan pertumbuhan ekonomi negara.

Aturan mengenai penyaluran KUR 2023 sudah ditetapkan pemerintah melalui Peraturan Menteri Koordinator (Permenko) Bidang Perekonomian Nomor 1, 2, dan 3 tahun 2023.

Untuk membantu Bank BRI menyalurkan program bantuan modal pada para pelaku usaha mikro, pemerintah diketahui telah mengalokasikan dana sebesar Rp270 triliun.

Khusus tahap awal pencairan pada Maret 2023, BRI telah menerima pencairan dana Rp12 triliun.

Sementara sisanya akan diberikan di kuartal selanjutnya.

Berbeda dari tahun sebelumnya, program KUR BRI 2023 akan dikenakan bunga sebesar 6 persen efektif per tahun untuk pinjaman di atas Rp 10 juta.

Namun apabila nasabah sudah pernah meminjam lebih dari satu kali, maka suku bunga yang dibebankan akan lebih tinggi yakni 7 persen.

Seperti yang dilansir laman Bank BRI, di tahun 2023 ada tiga jenis KUR yang disediakan oleh pemerintah untuk masyarakat yakni KUR Mikro, KUR Kecil, dan KUR TKI BRI.

Ketiga KUR BRI ini memiliki plafon maksimal pinjaman yang berbeda-beda.

KUR Mikro

Pinjaman modal kerja ini diberikan dengan limit kredit maksimal Rp 50 juta per debitur, untuk jenis pinjaman ini debitur diharuskan untuk menjalankan usaha secara aktif selama 6 bulan.

Syarat mengajukan KUR BRI Mikro yakni:

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat