androidvodic.com

Jalan Tol Masih Jadi Favorit Pemudik di Lebaran 2023 - News

Laporan Wartawan News, Nitis Hawaroh

News, JAKARTA - Wakil Ketua Bidang Penguatan dan Pengembangan Kewilayahan Masyarakat Transportasi Indonesia (MTI) Djoko Setijowarno menyampaikan,  Tol Trans-Jawa masih menjadi pilihan utama selama mudik Lebaran 2023.

Menurut dia, masyarakat masih menganggap jalan tol mampu melancarkan perjalanan, kenyamanan, keamanan dan keselamatan.

"Tol Trans-Jawa masih akan menjadi jalur favorit untuk arus mudik Lebaran 2023. Jalur tol tersebut diproyeksikan akan dilintasi sekitar 9,2 juta orang," kata Djoko dalam keterangannya, Kamis (23/3/2023).

Djoko mengatakan, hal tersebut sesuai hasil survei potensi pergerakan masyarakat selama masa libur Lebaran 2023, dimana pergerakan masyarakat meningkat usai tidak ada pembatasan atau larangan perjalanan kondisi mendekati normal pasca pandemi Covid-19.

Di sisi lain, Djoko mengatakan, area istirahat atau rest area yang tersedia di jalan tol kerap penuh dan menjadi sumber kemacetan.

"Sejumlah rest area yang disediakan di jalan tol untuk kondisi lalu lintas normal. Sementara pada musim Lebaran, lalu lintas kendaraan yang melewati jalan tol akan di atas kondisi normal," papar dia.

Sehingga menurutnya, pemerintah perlu mengantisipasi peningkatan arus mudik Lebaran tahun ini dengan menambah fasilitas di tempat istirahat rest area, seperti toilet.

Serta, penambahan tempat-tempat istirahat di luar tol yang masih berdekatan dengan pintu tol. Hal tersebut agar tidak terjadi pemanfaatan bahu jalan tol untuk beristirahat dan memicu kemacetan.

Baca juga: Hadapi Arus Mudik Lebaran 2023, Hutama Karya Tingkatkan Pelayanan Jalan Tol Trans Sumatera

"Bahu jalan tol harus bersih dari lalu lintas kendaraan yang tidak diijinkan. Bahu jalan tol digunakan untuk aktivitas darurat," tegasnya.

Untuk itu, dia mengimbau pemudik tidak hanya mengandalkan jalan tol, tetapi memilih jalur-jalur alternatif untuk menekan risiko kemacetan panjang di ruas tol.

Baca juga: Sering Terjadi Kepadatan, Rest Area Tol Harus Jadi Fokus Perhatian Saat Arus Mudik Lebaran 2023

"Makin banyaknya memilih jalan tol sudah barang tentu kemacetan lalu lintas akan terjadi pada saat mudik Lebaran," ucap dia.

"Pemudik sering memandang (akses) tol itu cepat. Akhirnya, sebagian besar memilih tol, sehingga pergerakan di tol menjadi lambat," lanjutnya.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat