androidvodic.com

Dukung Kelancaran Mudik Lebaran 2023, PLN Siapkan 616 SPKLU di 237 Titik - News

Laporan wartawan News, Endrapta Pramudhiaz

News, JAKARTA - PT PLN (Persero) mempersiapkan Stasiun Pengisian Kendaraan Listrik Umum (SPKLU) sebanyak 616 unit untuk mendukung kelancaran mobilisasi saat Lebaran 2023.

Direktur Utama PLN Darmawan Prasodjo mengatakan, SPKLU tersebut tersebar di seluruh Indonesia. Ia juga menyebut telah melakukan tour mobil listrik dari Jakarta ke Bali untuk menguji kesiapannya.

"Beberapa kali kami melakukan tour mobil listrik dari Jakarta sampai ke Bali. Kami menyediakan SPKLU di Cikampek, Cipali, Cirebon. Lalu, di Batang, Semarang, Solo, Madiun, Surabaya, Situbondo, Banyuwangi sampai ke Denpasar dan itu sudah kami tes dan itu berjalan dengan baik," katanya usai acara Apel Siaga Kelistrikan Idul Fitri 1444 H di kantor pusat PLN, Rabu (5/4/2023).

Baca juga: PLN Persiapkan Lebih dari 80 Ribu Personel dan Petugas Lapangan Untuk Lebaran 2023

Kemudian, Darmawan menyebut pihaknya juga telah menguji kesiapan SPKLU di Sumatera.

"Kami juga sudah mengetes kesiapan SPKLU untuk jalur Sumatera. Dari Bakauheni, Terbanggi-besar, Kayu Agung, sampai ke Palembang. Jadi, ini juga sudah kami siapkan," ujarnya.

Adapun 616 SPKLU tersebut tersebar di 237 lokasi. Di Jawa ada 171, di Bali ada 34, dan di Sumatera ada 35. Lalu, di Sulawesi dan Maluku-Papua ada 18. Kemudian, diikuti Kalimantan dengan 12 SPKLU dan di Nusa Tenggara ada 9.

Bagi pemudik yang menggunakan mobil listrik, Darmawan mengatakan mereka bisa menggunakan aplikasi PLN Mobile untuk mencari lokasi SPKLU terdekat.

"Para pemudik yang menggunakan mobil listrik bisa mencari lokasi SKPLU yang terdekat melalui PLN Mobile. Kemudian, dalam rute perjalanannya bisa mampir apabila dibutuhkan untuk men-charge mobil," kata Darmawan.

Baca juga: Dirut PLN Pastikan Kondisi Listrik Saat Lebaran 2023 Aman,

Lokasi tempat SPKLU ini beragam. Ada di kantor PLN, mall, perbankan, dan di rest area. Khusus rest area, SPKLU yang dipasang adalah yang mendukung fast charging dan beberapa ada yang ultra fast charging.

"Untuk rest area kami memasang SPKLU, yaitu fast charging. Ada beberapa yang sudah ultra fast charging. Kalau ultra, 15 menit sudah penuh (baterainya, red). Untuk rest area memang spesifikasi agak yang jauh lebih cepat dari yang lain," ujar Darmawan.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat