androidvodic.com

Dorong Industri Pulp dan Kertas Berkelanjutan, APP Sinar Mas Terapkan Transformasi Digital - News

News, JAKARTA - Asia Pulp & Paper (APP) Sinar Mas berupaya mengedepankan proses transformasi teknologi dan digital dalam seluruh aspek operasional dan proses bisnisnya dari hulu ke hilir.

Head of Automation APP Sinar Mas, Alfian Lim menjelaskan, penerapan digitalisasi pada proses bisnis APP Sinar Mas dimulai sejak akhir 1990-an karena menyadari potensi besar teknologi digital dalam meningkatkan kepuasan pelanggan, efisiensi dan produktivitas.

“Penggunaan teknologi digital ketika itu kami harapkan dapat mempercepat waktu produksi, meningkatkan efisiensi di berbagai area operasional, serta memperbaiki kualitas produk dengan menggunakan kemampuan analisa real-time data yang memberikan manfaat deteksi dan penyelesaian masalah yang lebih cepat," ujar Alfian Lim, Jumat (14/4/2023).

Baca juga: Sukses Jalankan Transformasi Digital, Puluhan Perusahaan Ini Raih Digitech Award 2023

Proses digitalisasi yang berlangsung selama ini juga membantu APP Sinar Mas memenuhi tuntutan pasar yang semakin kompleks, meningkatkan daya saing perusahaan di pasar global dan menjadikan APP sebagai produsen kertas kelas dunia.

Perjalanan APP Sinar Mas dalam menjalani transformasi digital dimulai dengan menggandeng salah satu Perusahaan perangkat lunak SAP Indonesia sejak tahun 1996. Ketika itu, APP Sinar Mas memutuskan untuk menggunakan solusi ERP dan CRM yang terbaru dari SAP, serta melakukan investasi pada peningkatan infrastruktur teknologinya.

Kedua solusi itu mulai diaktivasi sejak 1999 dan setelah itu dilanjutkan dengan menerapkan solusi lainnya di APP Sinar Mas dan beberapa perusahaan dalam pilar bisnis Sinar Mas lainnya.

Head of Pulp, Paper & Fibre Tietoevry Industry Carsten Henke, mengatakan APP Sinar Mas telah mempraktikkan model bisnis baru dan proses digitalisasi, mulai dari tahapan awal interaksi pelanggan hingga ke seluruh lini produksi dalam pabriknya melalui system perencanaan yang adaptif dan agile, dengan sistem lacak balik rantai pasok bahan baku yang terintegrasi dengan tetap mengedepankan efisiensi dalam operasionalnya dan secara bersamaan juga tetap luwes dan fleksibel.

"Kami bangga menjadi bagian dari proses continues improvement ini dan akan terus mendukung transformasi bisnis global APP Sinar Mas demi kemajuan dan perkembangan mereka. Platform bisnis kami menjamin transparansi ke seluruh rantai pasok dan mendukung inovasi dalam membangun peluang bisnis baru," ujarnya.

Dengan komitmen menuju Industri 4.0 ini, APP Sinar Mas menjadi bagian dari Pavillion Indonesia bersama Asosiasi Pulp & Kertas Indonesia (APKI) pada Hannover Messe 2023 (17-19 April 2023).

Hannover Messe adalah salah satu pameran perdagangan terbesar di dunia, yang didedikasikan untuk topik pengembangan industri.

Pada penyelenggaraan di tahun ini, Indonesia menjadi Partner Country, dan akan menampilkan sejumlah teknologi industri terbaru dan peluang investasi di sektor industri. Hal ini menjadi kesempatan APP Sinar Mas menunjukan kapasitas dan kapabilitas sektor Industri Indonesia.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat