androidvodic.com

KAI Ingatan Pemudik Sudah Vaksin Sebelum Jadwal Keberangkatan - News

Laporan Wartawan News Rahmat W. Nugraha

News, JAKARTA - Kahumas Daop 1 Jakarta Eva Chairunisa mengingatkan pemudik agar sudah divaksin sebelum jadwal keberangkatan.

"Kami mengingatkan kembali kepada pengguna jasa yang akan menggunakan kereta apa jarak Jauh dari daerah operasi Jakarta. Perhatikan kembali aturan vaksin yang saat ini masih berlaku yang mana usia 18 tahun ke atas sudah wajib vaksin ketiga atau booster pertama," kaya Eva dalam keterangannya, Senin (17/4/2023).

Untuk pemudik usia 13 sampai 17 sudah wajib vaksin kedua dan jika pada rentang 13 sampai 18 tidak bisa divaksin karena alasan medis.

"Tetap bisa berangkat menggunakan kereta api jarak jauh asalkan menggunakan surat keterangan dari dokter," tegasnya.

Sementara itu menurut Eva untuk usia anak 6 sampai 12 tahun diperkenankan melakukan perjalanan jika belum melakukan vaksin asalkan membawa surat keterangan dari puskesmas. Atau perjalanannya didampingi pihak dewasa yang memenuhi persyaratan vaksin.

"Dan kami juga berharap seluruh masyarakat yang akan mudik dari stasiun pasar Senen dan Gambir selain perhatikan ketentuan juga perhatian barang bawaannya agar tidak tertinggal baik di area stasiun atau di kereta api," jelasnya.

Hari ini, pemudik yang berangkat dari Stasiun Pasar Senen mencapai 24.000 orang menggunakan 32 kereta.

Sementara pemudik yang berangkat dari Stasiun Gambir sekitar 15.800 menggunakan 38 kereta.

"Secara total okupansi ketersediaan tempat duduk dari keberangkatan kereta api daerah operasi 1 Jakarta mencapai 96 persen untuk hari ini," kata Eva dalam keterangannya Senin (17/4/2023).

Baca juga: 39.800 Pemudik Hari Ini Berangkat dari Stasiun Senen dan Gambir Naik 70 Kereta

Eva mengatakan berdasarkan data Senin 17 April 2023 sekitar 568.000 tiket untuk keberangkatan di masa angkutan lebaran baik itu dari Stasiun Gambir dan Stasiun Pasar Senen telah terjual.

"Dari jumlah tersebut memang mayoritas pemesanan dilakukan untuk jadwal keberangkatan pada tanggal favorit yakni tanggal 14 sampai dengan 23 April," kata Eva.

Dikatakan Eva berdasarkan data tiket terjual pada tanggal-tanggal tersebut, tingkat okupansi volume penumpang sudah mencapai 90 hingga 100 persen.

Baca juga: H-6 Lebaran, 70 Ribu Lebih Pemudik Menyeberang dari Merak-Bakauheni

"Untuk volume penumpang berangkat tertinggi ini tercatat pada tanggal 21 April nanti, yang mana tingkat okupasi saat ini telah mencapai 100 persen kalau kita melihat dari pemesanan tiket yang sudah dilakukan untuk pemberangkatan pada tanggal 21 April," tegasnya.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat