androidvodic.com

Pemudik Mobil Lebih Malas Beli Tiket Online di Penyeberangan Merak Ketimbang Pemudik Motor - News

Laporan wartawan News, Endrapta Pramudhiaz

News, BANTEN - Corporate Secretary PT ASDP Indonesia Ferry (Persero) Shelvy Arifin menyebut, kesadaran membeli tiket penyeberangan via online melalui aplikasi Ferizy terlihat tinggi pada pemudik sepeda motor ketimbang pemudik bermobil.

"Menurut saya yang menarik itu kesadaran untuk membeli tiket (online) justru datang dari (pemudik) roda dua. Roda empat ini masih belum. Masih cukup rendah ya. Kalau saya bilang di 20 persen (kesadarannya)," ujar Shelvy ketika ditemui di Pelabuhan Ciwandan, Banten, Senin (17/4/2023).

Shelvy secara tegas menyatakan, bagi pemudik yang masih mencoba ingin membeli tiket secara langsung di pelabuhan, akan diminta untuk memutar balik kendaraannya.

"Kan kita kebijakannya cukup ketat ya. Kalau tidak ada tiket, kita suruh putar balik atau kita keluarin aja," katanya.

Sebelumnya, Shelvy sempat mengatakan, pemudik harus sudah mulai rencanakan jadwal berangkat, minimal H-1 sudah bertiket.

Saat ini sudah tidak ada penjualan tiket di pelabuhan. Jadi, pengguna jasa dapat beli tiket via website atau aplikasi Ferizy.

Demi kenyamanan para pemudik dimohon agar tidak membeli tiket di calo. Selain online, pemudik dapat membeli tiket di gerai retail seperti Alfamart, Indomaret, Agen BRILink, dan lainnya.

Sementara, pembayaran tiketnya dapat dilakukan melalui cara transfer antarbank, e-wallet, gerai retail, internet banking, dan lainnya.

"Lalu, para pemudik diharapkan mengisi data diri untuk manifest dengan lengkap dan benar, jangan gunakan data diri orang lain. Pastikan data penumpang dan kendaraan tercatat, supaya terlindungi asuransi penyeberangan," ujar Shelvy, Jumat (3/3/2023).\

Baca juga: Bantu Pemudik Beli Tiket Online, ASDP Sediakan Pos Sosialisasi di Dua Rest Area Tol Jakarta-Merak

ASDP telah membuka penjualan tiket ferry periode Angkutan Lebaran 2023 sejak 60 hari sebelumnya mengingat waktu perjalanan libur yang semakin mendekat.

"Pastikan beli tiket online secara mandiri hanya di Website Ferizy, Aplikasi Ferizy, atau di mitra resmi ASDP, yaitu Indomaret, Alfamart, Agen BRILink, dan Agen Finpay (Delima Point)," kata Shelvy.

"Hal ini penting untuk memastikan ketersediaan tiket dan memperlancar pelayanan di pelabuhan," ujarnya melanjutkan.

Baca juga: Jumlah Pemudik Merak Menuju Bakauheni Alami Penurunan pada H-5 Lebaran 2023

Pengguna jasa, yang telah membeli tiket untuk mengatur waktu di hari H agar tidak terlambat dan melakukan check in 2 jam sebelumnya.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat