androidvodic.com

5 Tips Cara Mengatur THR Supaya Efektif dan Bisa Menabung - News

News - Apabila THR diatur dan dimanfaatkan dengan baik, maka THR tidak hanya bisa memenuhi segala kebutuhan hari raya, tetapi juga bisa menanggung beban di kemudian hari, misalnya melunasi atau membayar tagihan kredit online Anda untuk beberapa bulan kemudian.

Namun, euforia dari hari raya yang besar membuat banyak orang cenderung menghabiskan THR untuk pakaian, makanan, angapau, atau mudik. Saking banyaknya kebutuhan, bisa-bisa THR kurang dan harus nombok pakai uang gaji atau tabungan.

Nah, apabila Anda ingin menghindari hal ini, lebih baik ikuti tips mengatur THR berikut:

1. Buat Prioritas Pengeluaran

Apabila Anda menuruti euforia atau keinginan semata aja, maka semakin sulit untuk berhemat dan menabung. Bahkan, bisa jadi setiap bulannya gaji bisa selalu habis di tengah jalan atau dirasa pendapatan dirasa tidak pernah cukup.

Oleh karena itu, buatlah prioritas pengeluaran ketika THR tiba, dan utamakan kebutuhan Lebaran, misalnya tiket mudik atau makanan yang layak ketika hari raya. Lalu, jangan lupa juga kewajiban membayar zakat terlebih dahulu, sebelum membeli kebutuhan fashion maupun gadget, yang tidak terlalu urgent.

Dengan membuat prioritas pengeluaran, Anda juga bisa merinci biaya yang dibutuhkan dan menghitung THR yang perlu dikeluarkan. Sisanya, THR bisa masuk ke tabungan atau kebutuhan lain yang sudah direncanakan.

2. Belanja Secukupnya

Apabila Anda sudah membuat prioritas pengeluaran dan dirasa masih ada sisa uang untuk belanja kebutuhan lainnya, maka jangan terlalu tergiur dengan banyaknya promo yang ditawarkan, bijaklah dalam berbelanja.

Memang, diskon dan promo yang diberikan oleh e-commerce, toko-toko di mall, hingga aplikasi kredit online, sangat menggiurkan, dan beberapa promo besar-besaran yang tersedia belum tentu bisa Anda dapatkan lagi di kemudian hari.

Namun, lebih baik manfaatkan promo untuk kebutuhan hari raya Anda, misalnya Anda bisa memanfaatkan promo #SALEturahmi dari Kredivo, berupa cicilan 0 persen tenor 6 bulan untuk membeli akomodasi mudik Anda di aplikasi/outlet/website Airasia, Pegipegi, Citilink, hingga Garuda Indonesia hingga 30 April mendatang.

Cashflow lancar, mudik semakin hemat dan #Sefleksibelitu bersama Kredivo.

3. Sisihkan untuk Utang atau Cicilan

Sebagaimana sudah dijelaskan di atas, bahwa THR jika dimanfaatkan dengan maksimal bukan cuma bisa memenuhi kebutuhan hari raya saja, tetapi juga bisa menanggung beban di kemudian hari.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat