androidvodic.com

Arus Balik Kendaraan Pemudik Terus Mengalir di Gerbang Tol Cikampek Utama - News

News, PURWAKARTA - Arus balik kendaraan pemudik dari Jawa Timur, Jawa Tengah dan Daerah Istimewa Yogyakarta kembali ke Jakarta masih terus mengalir seperti terpantau di ruas jalan Tol

Pantauan Tribunjabar.id di KM 75, ruas jalan Tol Cipali, tepatnya di wilayah Kabupaten Purwakarta, Jawa Barat, kendaraan yang bergerak dari arah Cirebon menuju Jakarta didominasi oleh pemudik arus balik.

Hal itu ditandai dengan kendaraan dengan pelat nomer B dari Jakarta, Depok, Bekasi dan F dari Bogor hingga A dari Banten yang melintas di ruas jalan Tol Cipali.

Sebagian juga terlihat masih ada yang membawa barang bawaan di atas kendaraannya. Pengendara yang melakukan perjalanan pada arus balik ini bisa melintas dengan kecepatan maksmimal.

Informasi yang didapat Tribunjabar.id dari pihak Jasa Marga, puncak arus balik tahap kedua diprediksi akan berlangsung pada hari ini Sabtu malam hingga Senin (1/5/2023).

Corporate Communication and Community Development Group Head Jasa Marga, Lisye Octaviana, mengatakan bahwa dengan melihat realisasi hingga H+5 yang dibandingkan dengan prediksi arus balik pada periode H1 hingga H+8, masih ada 32,7 persen atau sekitar 672.179 ribu kendaraan yang belum kembali ke Jabotabek.

Baca juga: Arus Balik Padati Jalur Pantura Subang Siang Ini, Didominasi Sepeda Motor

"Kami telah mengantisipasi lonjakan volume lalu lintas pada puncak arus balik tahap kedua yang diprediksi terjadi pada Minggu hingga Senin, 30 April-1 Mei 2023, baik di sepanjang jalur, rest area maupun di gerbang tol, seperti penambahan sarana, peralatan, maupun petugas di lapangan,” ujar Lisye saat dihubungi Tribunjabar.id, Minggu (30/4/2023).

Untuk distribusi lalu lintas kembali ke Jabotabek, menurut Lisye, mayoritas terjadi dari arah timur Trans Jawa dan Bandung sebanyak 776.273 kendaraan atau 56,1 persen.

Baca juga: Masih Banyak Warga yang Mudik, Penumpang Kereta dari Jakarta Hari Ini 30 Ribu Orang

Pihaknya mengimbau kepada pengguna jalan agar memastikan kecukupan saldo e-toll untuk menghindari antrean di gerbang tol, selalu berhati-hati dalam berkendara, patuhi rambu-rambu dan ikuti arahan petugas di lapangan.

Laporan reporter Deanza Falevi | Sumber: Tribun Jabar

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat