androidvodic.com

BPS Ungkap Inflasi April 2023 Sebesar 4,33 Persen Secara Year on Year - News

Laporan Wartawan News, Ismoyo

News, JAKARTA - Badan Pusat Statistik (BPS) dalam laporannya mengungkapkan, periode April 2023 tercatat inflasi sebesar 4,33 persen secara tahun ke tahun atau year on year (yoy), dengan Indeks Harga Konsumen atau IHK sebesar 114,74.

Sementara untuk inflasi bulan ke bulan atau month to month (mtm) sebesar 0,33 persen.

"Pada April 2023, terjadi inflasi sebesar 0,33 persen secara bulan ke bulan, atau terjadi kenaikan indeks harga konsumen atau IHK dari 114,36 pada Maret 2023, menjadi 114,74 pada April 2023" ucap Kepala BPS Margo Yuwono dalam konferensi pers di Jakarta, Selasa (2/5/2023).

Baca juga: Kemendagri Monitoring Realisasi APBD dan Penanganan Inflasi di Kendari

Margo mengungkapkan, kelompok makanan, minuman dan tembakau, serta transportasi menjadi penyumbang utama inflasi secara nasional.

"Komoditas terbesar yang memberikan andil terhadap inflasi di bulan April 2023, berasal dari angkutan udara, angkutan antarkota, emas perhiasan, daging ayam ras, beras, dan rokok kretek filter," paparnya.

Margo mengungkapkan, dari 90 kota yang dipantau indeks harga konsumen, sebanyak 77 kota mengalami inflasi dan 13 kota mengalami deflasi.

Kota Jayapura menjadi wilayah dengan tingkat inflasi tertinggi di Indonesia yakni sebesar 1,44 persen secara bulan ke bulan (mtm).

Penyebab tingginya inflasi di kota Jayapura disebabkan terjadinya inflasi pada tarif angkutan udara dimana memberikan andil sebesar 0,81 persen.

Kemudian ikan segar, tomat, beras, rokok kretek filter, dan juga cabai rawit memberikan andil sebesar 0,03 persen.

Baca juga: Bursa Saham Asia Mayoritas Naik Menjelang Rilis Data Inflasi Amerika Serikat

Sementara wilayah yang mengalami tingkat deflasi terdalam adalah Meulaboh di Aceh, yang sebesar -0,70 persen.

"Dari 77 kota tersebut, terdapat 32 kota yang mengalami inflasi di atas nasional. Dan 45 kota lainnya inflasi di bawah nasional. Pada saat yang sama sisanya 13 kota mengalami deflasi," papar Margo.

"Deflasi yang terdalam itu di Meulaboh terjadi deflasi sebesar -0,70 persen," pungkasnya.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat