androidvodic.com

Ekonomi Tumbuh, Gotong Royong JNE Bangkit Bersama UMKM - News

News, SOLO – Pasca-pandemi, para pelaku usaha mulai merintis kembali pangsa pasarnya demi kondisi ekonomi lebih baik. PT Tiki Jalur Nugraha Ekakurir (JNE) hadir menjadi mesin pendorong Bangkit Bersama mendukung berbagai program serta bantuan yang disalurkan di berbagai penjuru negeri.

Geliat pertumbuhan ekonomi Indonesia terlihat merangkak pada 2022. Menurut data Badan Pusat Statistik (BPS), ekonomi 2022 tumbuh 5,31 persen, lebih tinggi dari 2021 mengalami pertumbuhan sebesar 3,70 persen. Kemudian, pertumbuhan tertinggi datang dari sektor Lapangan Usaha Transportasi dan Pergudangan sebesar 19,87 persen. 

Dari data tersebut bisa disaksikan, pertumbuhan ekonomi sektor pergudangan menjadi penyumbang terbesar, termasuk kegiatan ekspedisi dan logistik. JNE sebagai perusahaan ekspedisi dan logistik mewadahi pengiriman barang, misalnya barang UMKM yang tersegmentasi pada daerah-daerah terpencil pelosok negeri. JNE pun bisa mengakomodasi.

Selain mendorong kegiatan primer berupa pengiriman barang, peran lainnya yang diberikan kepada UMKM selanjutnya akan dirangkum dalam berita ini:

1. Libatkan 100 UMKM

Merchandise G20 karya produk UMKM Suryo Art
Merchandise G20 karya produk UMKM Suryo Art

Sebanyak 100 UMKM di Solo Raya disatukan dalam sebuah acara bertajuk JNE & UMKM Bersinergi Menuju Kemandirian Anak Negeri.

Isi acara di antaranya adalah business talkshow dengan judul “Peran Logistik Bikin Bisnis Efektif-Efisien” bersama tiga narasumber adalah Hasmeliyani, Head Of National Sales JNE, Joko Porwono, Pegiat UMKM Creative Space&Media Sosial dan Agus Suryono, Brand Owner Suryo Art.

Setelahnya, para pelaku UMKM diperkenalkan Solo Fulfillment Center. Yaitu layanan fulfillment yang mencakup berbagai fasilitas bagi UMKM. Seperti fasilitas pergudangan, warehouse management system 24 jam, packing hingga pengiriman produk.

“Dengan begitu brand owner atau seller bisa menghemat biaya sewa gudang maupun SDM karena semua akan ditangani JNE” kata Bambang Widiatmoko, Head Sales Regional Jateng-DIY.

Satu di antara pelaku usaha yang merasakan energi positif dari JNE adalah Agus Suryo. Owner Suryo Art ini mengaku terbantu dengan peran JNE sebagai jasa ekspedisi dan logistic.

Produknya yang tersegmen pasar kalangan tertentu pun tak urung harus dikirim hingga ke pelosok desa.

Kata Suryo, hanya JNE yang bisa dipercaya sejak ia menggeluti usahanya hingga kini hubungan baik pelanggan juga mitra terjaga.

“JNE membantu mengantarkan produk Suryo Art sejak awal berdiri sampai saat ini. Selain (lokasi agen) dekat, mudah menjangkau ke banyak daerah tujuan dan cepat sampai,” ujarnya kepada News, Minggu (14/5/2023).

Adapun produk Suryo Art berupa  hiasan meja, vandel, dan pen holder tak tanggung-tanggung digunakan sebagai merchandise acara bergengsi 20 negara internasional di Bali, G20. Suryo Art lolos sebagai UMKM terpilih berdasarkan kurasi Pemerintah dan JNE pun terlibat untuk memberikan pelatihan pemasaran dan penawaran.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat