androidvodic.com

Hadapi Perubahan Iklim, SwissCham Dorong Penerapan Pertanian Berkelanjutan di Indonesia - News

Laporan Wartawan Tribunnews, Choirul Arifin

News, JAKARTA – SwissCham Indonesia, Kamar Dagang Swiss-Indonesia, mendorong sektor pertanian di Indonesia menerapkan pengelolaan pertanian berkelanjutan untuk menghadapi berbagai tantangan global seperti perubahan iklim yang kini menjadi perhatian internasional.

Ajakan ini mengemuka pada acara diskusi panel “Membentuk Masa Depan Pertanian
Berkelanjutan Indonesia Melalui Kolaborasi dan Inovasi Teknologi” yang diselenggarakan SwissCham Indonesia di Jakarta, Rabu 24 Mei 2023.

Upaya menerapkan pertanian berkelanjutan tersebut antara lain bisa ditempuh melalui penerapan teknologi baru dan digitalisasi di sektor pertanian.

Baca juga: Sensus Pertanian 2023 Jadi Acuan Pemerintah Tentukan Kebijakan Pertanian yang Lebih Akurat

"Dengan pendekatan keberlanjutan bisa membuat petani lebih makmur, antara lain melalui digitalisasi.

Sustainable agriculture merupakan daya tarik agar sektor pertanian di Indonesia semakin menarik dan kita ingin dorong sektor pertanian sebagai solusi atasi pemanasan global," ungkap Presiden Direktur Syngenta Indonesia Kazim Hasnain.

Kazim menambahkan, saat ini perusahaannya berupaya membawa solusi pertanian berkelanjutan untuk sektor pertanian di Indonesia.

Mengutip hasil sebuah studi, dia mengatakan 40 persen efek rumah kaca berasal dari praktik di sektor pertanian.

"Karena itu kita ingin bantu perbaiki teknik bertani di Indonesia melalui teknologi baru," ungkapnya.

Agar sektor pertanian Indonesia tertarik mengadopsi inovasi baru yang ditawarkan, para petani harus ditunjukkan terlebih dulu hasil dari inovasi tersebut sebagai bukti konkretnya. Jika tidak mereka akan cenderung enggan mengadopsi inovasi baru yang ditawarkan.

Kazim menekankan, saat ini muncul tekanan yang meningkat dari perubahan iklim, erosi tanah dan hilangnya keanekaragaman hayati dan dari perubahan selera konsumen terhadap makanan dan kekhawatiran tentang cara produksinya.

Baca juga: Jokowi Soroti Sensus Pertanian 10 Tahun Sekali: Kelamaan!

Untuk diketahui, pengelolaan pertanian berkelanjutan merupakan satu dari 17 Tujuan Pembangunan Berkelanjutan (SDGs) Perserikatan Bangsa Bangsa yang kemudian diturunkan sebagai komitmen nasional oleh banyak negara dan masyarakat global untuk mencapai kesejahteraan masyarakat di seluruh dunia.

Deputi Bidang Koordinasi Pangan dan Agribisnis, Kemenko Perekonomian, Dr. Ir. Musdhalifah Machmud, M.T., yang juga menjadi pembicara panel diskusi ini menjelaskan bagaimana pertanian yang berkelanjutan terbangun di Indonesia melalui kolaborasi dan inovasi teknologi.

Perusahaan anggota SwissCham; Nestlé, Syngenta, and Koltiva, yang terlibat pada diskusi ini
yakin perekonomian Indonesia sangat cerah ke depannya.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat