androidvodic.com

Indonesia National Shipowners Association Jadi Anggota Penuh FASA - News

Laporan Wartawan News, Nitis Hawaroh

News, JAKARTA - Indonesian National Shipowner’s Association (INSA) kembali menjadi anggota penuh Federation Asean Shipowner’s Association (FASA).

Hal itu disampaikan Sekretaris Umum DPP INSA Budhi Halim dalam Konferensi Pers di Kantor INSA, Jakarta Pusat, Jumat (26/5/2023).

Budhi mengatakan, keanggotaan INSA di FASA terkendala dikarenakan adanya sekelompok perusahaan pelayaran membentuk wadah perusahaan pelayaran yang sama dengan nama dan logo bahkan mendaftarkan asosiasinya ke FASA.

Baca juga: INSA Beberkan Alasan Industri Maritim Minim Penerapan Teknologi

"Keanggotaan INSA sempat disuspend namun tetap diundang dan dizinkan hadir sebatas status pengamat/observer bila ada kegiatan," kata Budhi.

Dikatakan Budi, atas dasar putusan Pengadilan Mahkamah Agung dan dukungan surat-surat Direktur Jenderal Perhubungan Laut, maka FASA mengeluarkan surat pernyataannya Ref FASA/004/23L tertanggal 19 April 2023.

Melalui surat tersebut, FASA re-instate Indonesian national Shipowners Association (INSA) to full member status, yaitu INSA yang beralamat di jln Tanah Abang III No. 10, Jakarta pusat yang di Ketuai oleh Ibu Carmelita Hartoto.

Untuk itu, Budhi mengimbau pengusaha-pengusaha pelayaran agar mendaftarkan kembali usahanya.

"Maka dengan ini kami menghimbau agar pengusaha perusahaan pelayaran nasional yang diluar INSA segera melapor dan mendaftarkan perusahaannya kembali agar kegiatan usaha pelayarannya dapat terlayani dengan baik," ucap dia.

"Perjuangan ini tidak lepas dari dukungan pemerintah Indonesia, dalam hal ini Direktorat Jenderal Perhubungan Laut Kementerian Perhubungan," jelasnya.

Budhi menambahkan, keikutsertaan INSA sebagai anggota penuh FASA merupakan bagian dari upaya untuk memberdayakan pelayaran nasional. Hal ini sesuai dengan visi misi dan tujuan INSA selama ini.

"Dengan eksistensi INSA di FASA, diharapkan INSA dapat berkontribusi lebih besar untuk mengembangkan dan meningkatan industri maritim dan pelayaran di kawasan dan sekitarnya," tutur dia.

Menurut Budhi, peran akif INSA tersebut tercermin dengan menjadi salah satu delegasi Indonesia pada pertemuan the 44th ASEAN Maritime Transport Working Group (MTWG) yang diselenggarakan pada tanggal 9 sampai 11 Mei 2023 di Da Nang, Vietnam.

Sementara itu, Wakil Ketua Umum I INSA, Darmansyah Tanamas menambahkan, kembalinya INSA sebagai anggota FASA tak lepas dari penilaian keberadaan INSA di Indonesia.

"Dengan kembalinya INSA sebagai member penuh FASA, ASA tentunya mereka akan mempunyai suatu penilaian, evaluasi, analisa keberadaan INSA, baik sebelumnya maupun kedepannya," ucap Darmansyah.

Darmansyah menyampaikan, kabar baik ini menjadi pertimbangan untuk INSA menjadi ketua FASA tahun depan.

"Dan tentu ini menjadi pertimbangan bagi mereka untuk memberikan kesempatan INSA menjadi ketua FASA untuk tahun depan," jelasnya.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat