androidvodic.com

Bank Indonesia Prediksi Inflasi Mei 2023 di Level 4,51 Persen - News

Laporan Wartawan News, Yanuar Riezqi Yovanda

News, JAKARTA - Bank Indonesia (BI) menyatakan inflasi sudah dalam tren penurunan, di mana berada di level 4,33 persen pada April 2023 lalu.

Deputi Gubernur Bank Indonesia Juda Agung mengatakan, inflasi Mei 2023 berdasarkan perkiraan BI akan masih berada di sekira 4 persen.

Baca juga: Anggota DPR Soroti Wacana Kenaikan Gaji PNS, Berpotensi Tingkatkan Laju Inflasi

"Di bulan Mei ini, survei pemantauan harga di beberapa daerah menunjukkan inflasi di bulan Mei ini kemungkinan di sekira 4,51 persen dari survei kami sementara," ujarnya dalam Gerakan Nasional Pengendalian Inflasi Pangan (GNPIP) Sumatera Utara, Rabu (31/5/2023).

Juda menyampaikan, BI memang berkomitmen untuk mengendalikan inflasi pangan yang ketika itu melonjak sangat tinggi di Sumatra Utara.

"Di Sumatera Utara waktu itu inflasi pangan 11,5 persen, tapi dengan konsistensi, dengan sinergi, dengan inovasi, alhamdulillah inflasi pangan di Sumatra Utara di bulan April tahun ini 3,28 persen," katanya.

Bahkan, dia mengungkapkan, angka inflasi sebesar 3,28 persen di Sumatra Utara pada bulan lalu tersebut lebih rendah dari perkiraan BI.

Baca juga: Ketika Ancaman El Nino Berdampak Naiknya Harga Pangan, Klaim Gagal Panen hingga Inflasi Nasional

"Lebih rendah dibandingkan dengan target kita waktu itu 5 persen. Alhamdulillah sudah jauh lebih rendah dari target kita, inflasi pangan terkendali," pungkasnya

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat