androidvodic.com

UMKM Daerah Perlu Naik Kelas Lewat Digitalisasi - News

Laporan Wartawan Tribunnews, Fitri Wulandari

News, JAKARTA - Pemerintah terus mendorong agar pelaku Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) berdaya dan meningkatkan bisnisnya sehingga mampu bersaing dengan pelaku usaha lainnya.

Seperti yang dilakukan Dinas Komunikasi dan Informatika (Diksominfo) kota Makassar yang kembali mengadakan kegiatan Eksposure UMKM dan Business Matching Batch 1.

Kegiatan yang digelar di Inkubator UMKM kota Makassar, Sulawesi Selatan pada 17 Mei 2023 ini merupakan wadah bagi para pelaku UMKM lokal untuk belajar memahami bisnisnya yang diharapkan naik kelas.

Plt Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika (Kominfo) Makassar, Ismawaty Nur mengatakan bahwa program ini merupakan bentuk kontribusi pemerintah dalam mewujudkan 10.000 lapangan kerja baru.

"Seperti visi misi Bapak Wali Kota Makassar bahwa kita ingin menciptakan 10.000 usaha baru. Bagian daripada program tersebut, kami mengusulkan untuk melaksanakan kegiatan ini," kata Ismawaty, dalam kegiatan tersebut.

Adanya kolaborasi dengan inkubator UMKM di bawah naungan Dinas Koperasi dan UKM kota Makassar, kata dia, tentu menjadi hal yang dapat mensukseskan kegiatan pengembangan UMKM tersebut.

"Tentunya ini bukan hal yang mudah bagi kami di Diskominfo melihat tools kami lebih kepada lingkungan digital. Namun kami juga tentu ingin berkontribusi terkait peningkatan level UMKM dalam hal digitalisasinya," jelas Ismawaty.

Menurutnya inkubator center membuat pihaknya seolah benar-benar menjadi bagian dari proses inkubator UMKM.

"Dengan adanya inkubator center ini, seakan-akan kita saling bersangkutan karena bisa menjadi bagian dari proses inkubator center ini," papar Ismawaty.

Ia pun berharap para peserta yang berasal dari UMKM lorong kota Makassar dapat secara maksimal memanfaatkan kesempatan ini.

Baca juga: Pendaftaran ASEAN Business Awards 2023 Resmi Dibuka, UMKM Bisa Ikut

"Kami berharap bapak ibu bisa belajar dengan baik, apalagi dengan adanya inkubator center ini, mari sukseskan dan naikkan level bisnis kita," pungkas Ismawaty.

Nantinya, kegiatan Eksposure UMKM dan Business Matching Batch 1 ini akan digelar hingga 6 kali pertemuan dan didampingi pula oleh mentor yang ahli di bidangnya.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat