androidvodic.com

Embedded Finance Tokopedia Hadirkan Lebih dari 50 Metode Pembayaran Belanja Online - News

News - E-commerce bagian dari grup GoTo, Tokopedia menerapkan inovasi embedded finance dalam menyediakan layanan keuangan di seluruh ekosistem.

Tujuan diterapkannya inovasi embedded finance guna meningkatkan literasi dan inklusi keuangan di Indonesia.

"Untuk menunjang literasi dan inklusi keuangan tanah air agar makin positif, Tokopedia melakukan berbagai upaya. Salah satunya dengan menerapkan inovasi embedded finance di ekosistem Tokopedia," ungkap Senior Vice President of Fintech and Payment Tokopedia, Vira Widiyasari, dalam keterangan tertulis yang diterima, Kamis (1/6/2023).

Embedded finance adalah integrasi layanan keuangan, seperti pembayaran, investasi dan asuransi, ke dalam satu aplikasi yang dikelola perusahaan nonfinansial –dalam hal ini Tokopedia– tanpa perlu beralih ke layanan keuangan konvensional sehingga layanan keuangan dapat diakses lebih cepat.

"Dalam menghadirkan inovasi embedded finance di ekosistem Tokopedia secara aman dan terpercaya, kami bekerja sama dengan berbagai mitra strategis, mulai dari perbankan, tekfin, perusahaan asuransi serta insurtech," jelas Vira.

Baca juga: Cara Bayar E-Tilang Online Melalui Tokopedia, Praktis Anti Ribet

Lebih lanjut Vira mengatakan bahwa embedded finance Tokopedia hadirkan lebih dari 50 metode pembayaran belanja online.

Mulai dari transfer antar bank, kartu kredit, uang elektronik, pay later hingga minimarket, sehingga dapat mempermudah pengguna bertransaksi online.

Misal, metode yang bersinergi dengan GoTo Financial, GoPayLater Cicil dapat digunakan pengguna mengubah transaksi belanja menjadi cicilan dengan pilihan satu, tiga, enam atau 12 bulan.

"Tokopedia mencatat pada kuartal I 2023, Ponsel dan Tablet, Fesyen Wanita, Komputer dan Laptop, Otomotif serta Elektronik menjadi sejumlah kategori produk yang paling diburu masyarakat menggunakan pay later," tambah Vira.

Data internal Tokopedia juga menunjukkan bahwa metode pembayaran cashless atau nontunai menjadi yang paling populer selama periode Ramadan 2022, baik melalui GoPayLater Cicil, maupun transfer antar bank, uang elektronik dan kartu kredit.

Kemudian metode pembayaran dengan kartu kredit Tokopedia Card, yang bekerja sama Bank Rakyat Indonesia (BRI) dan didukung VISA.

Tokopedia Card memudahkan pengguna untuk mengakses berbagai fitur, seperti untuk mengaktivasi kartu, mengecek detail transaksi dan riwayat tagihan, serta mengatur penggunaan kartu, hanya lewat aplikasi Tokopedia.

"Data internal Tokopedia mengungkapkan, pengguna yang menggunakan Tokopedia Card meningkat hampir 6 kali lipat selama Maret 2023 dibandingkan bulan pertama diluncurkan. Selain itu, kurang dari satu bulan sejak peluncuran, Tokopedia Card berhasil memberikan kontribusi sekitar 20 persen dari total penerbitan kartu kredit secara nasional," jelas Vira.

Pengajuan Tokopedia Card dilakukan sepenuhnya secara online, pengguna hanya cukup menyediakan KTP.

Baca juga: Cara Bayar PBB dan Pajak Kendaraan secara Online Lewat Tokopedia

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat