androidvodic.com

Inovasi di Perusahaan BUMN Pupuk Ini Hasilkan Nilai Tambah Hingga Rp 277 Miliar di 2022 - News

Laporan Wartawan News, Choirul Arifin

News, JAKARTA - Kreativitas dan inovasi-inovasi baru dalam aktivitas produksi membuat BUMN produsen pupuk Petrokimia Gresik mampu menciptakan nilai tambah sebesar Rp277,9 miliar sepanjang 2022 lalu.

Direktur Utama Petrokimia Gresik Dwi Satriyo Annurogo, memaparkan dari total nilai value creation tersebut, sebanyak Rp 67,9 miliar atau hampir 25 persen diantaranya berdampak langsung terhadap laba perusahaan atau mampu memberikan direct financial benefit.

Baca juga: Jadi Licensor, Begini Peran Petrokimia Gresik di Balik Pembangunan Pabrik Pupuk NPK PT PIM

"Besarnya value creation ini menjadi bukti jika inovasi yang dijalankan Insan Petrokimia Gresik mampu membawa perusahaan untuk terus tumbuh," kata Dwi Satriyo di acara Konvensi Inovasi Petrokimia Gresik (KIPG) XXXVII di GOR Tri Dharma, Gresik, Rabu (7/6/2023).

Dwi menambahkan, persaingan pasar saat ini semakin kompetitif. Di sisi lain perkembangan teknologi juga terus membawa perubahan sistem yang mengharuskan perusahaan yang dipimpinnya selalu adaptif.

Baca juga: Topang Ketahanan Pangan, Gas Bumi Mulai Disalurkan ke Petrokimia Gresik

Karena itu, terus berpikir inovatif akan mampu membawa perusahaan tumbuh dan melampaui batas maksimal.

Dia menyatakan, value creation yang berhasil diciptakan di tahun lalu ini melibatkan 91 persen karyawan yang tergabung dalam 1.599 Gugus Inovasi. Dibanding capaian tahun sebelumnya, keterlibatan mereka meningkat sekitar 81 persen dan tergabung dalam 1.158 gugus inovasi.

Menurutnya, ini menjadi salah satu bukti semangat inovasi sudah menjadi DNA di kalangan SDM di Petrokimia Gresik.

"Kompetisi saat ini tidak nampak, karena persaingan bisnis yang ada sekarang adalah persaingan ide dan kreativitas bagaimana cara pelaku usaha bisa menjadi leader dengan melakukan drive pasar. Semua itu hanya bisa dimenangkan dengan berinovasi," kata Dwi Satriyo.

Capaian inovasi di sepanjang 2022 menurut Dwi Satriyo menghasilkan prestasi, sepreti disabetnya sebelas penghargaan Diamond, enam Platinum dan dua Gold pada ajang Temu Karya Mutu dan Produktivitas Nasional (TKMPN) 2022.

BUMN ini juga meraih lima penghargaan 4STARS di ajang Internasional Asia Pacific Quality Organization (APQO) 2022. "Kami berharap keterlibatan karyawan dalam berinovasi yang sudah luar biasa di tahun ini bisa semakin meningkat tahun depan, sehingga Petrokimia Gresik semakin siap menghadapi tantangan,” kata Dwi Satriyo.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat