androidvodic.com

Lion Air Rute Bengkulu-Jakarta Divert di Palembang, Begini Penjelasan Manajemen  - News

Laporan Wartawan News, Ismoyo

News, JAKARTA - Pesawat Lion Air rute penerbangan Bandara Fatmawati Soekarno Bengkulu (BKS) tujuan Bandara Soekarno-Hatta (CGK) melakukan pendaratan darurat di Bandara Sultan Mahmud Badaruddin II Palembang, Sabtu, 10 Juni 2023.

Salah satu indikator pesawat disebut menunjukkan ada potensi gangguan di salah satu sistem pesawat yang membutuhkan pengecekan di darat dengan segera.

Corporate Communications Strategic Lion Air, Danang Mandala Prihantoro mengatakan,  pihaknya sudah menjalankan serta mengikuti standar operasional prosedur (SOP).

Pesawat yang mendarat darurat tersebut adalah pesawat dengan nomor penerbangan JT-631 jenis Boeing 737-900ER registrasi PK-LFG.

"Sebelum keberangkatan, pesawat dilakukan pengecekan menyeluruh (pre-flight check) oleh teknisi dan awak pesawat dalam memastikan seluruh sistem dan komponen pesawat berfungsi secara baik dan aman untuk digunakan selama penerbangan," kata Danang dalam pernyataan tertulis, Sabtu (10/6/2023).

Danang mengungkapkan, dalam industri penerbangan, pengecekan sebelum keberangkatan diwajibkan oleh regulasi dan standar keamanan yang ketat.

Manajemen menilai, keputusan pilot untuk mengalihkan pendaratan sangat tepat dan merupakan hasil dari pertimbangan yang matang demi menjaga keselamatan, keamanan dan kenyamanan penumpang.

"Pertimbangan pengalihan pendaratan di Palembang lebih diutamakan karena posisi pesawat saat di udara lebih dekat ke Bandar Udara Internasional Sultan Mahmud Badaruddin II dibandingkan jarak ke Bandar Udara Internasional Soekarno-Hatta atau bandar udara lain," paparnya.

Baca juga: Akibat Cuaca Buruk Empat Penerbangan Menuju Bali Terpaksa Divert

Pesawat tersebut mendarat pukul 08.11 WIB di Bandar Udara Internasional Sultan Mahmud Badaruddin II.

Setelah pesawat berada pada area parkir secara sempurna, seluruh penumpang diarahkan menuju ruang tunggu di terminal bandar udara.

Pihaknya menyampaikan permintaan maaf kepada seluruh penumpang atas ketidaknyamanan yang terjadi.

Baca juga: Penerbangan Batik Air Timika-Jakarta Harus Divert ke Makassar karena Satu Penumpang Sesak Nafas

Penerbangan JT-631 berangkat dari Bandar Udara Internasional Sultan Mahmud Badaruddin II pada pukul 12.10 WIB tujuan Bandar Udara Internasional Soekarno-Hatta menggunakan pesawat pengganti Boeing 737-900ER beregistrasi PK-LSY dam tiba di Bandar Udara Internasional Soekarno-Hatta pukul 13.12 WIB.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat