androidvodic.com

Hari Lingkungan Hidup Sedunia, Ini Program Berkelanjutan yang Dijalankan MIND ID - News

Laporan Wartawan Tribunnews, Choirul Arifin

News, JAKARTA - BUMN holding industri tambang MIND ID terlibat langsung dalam peringatan Hari Lingkungan Hidup Sedunia yang diperingati setiap 5 Juni untuk mendukung pelestarian lingkungan hidup.

BUMN anggota MIND ID seperti PT Aneka Tambang Tbk. melakukan program penanaman 4,99 juta pohon di atas area seluas 4.541 hektar di kawasan pascatambang, wilayah aliran sungai (DAS) dan area pesisir.

Anggota MIND ID lainnya, melalui PT Bukit Asam Tbk., (PTBA) melanjutkan konservasi terumbu karang di Pulau Pahawang, Kabupaten Pesawaran, Lampung, dan melakukan reklamasi di lahan seluas 2.146,83 hektar sepanjang 2022.

Baca juga: MIND ID Bersama Kementerian BUMN Tanam 4,6 Juta Pohon Lebih

Sementara, PT Freeport Indonesia (PTFI) yang sukses menanam pohon sebanyak 2,6 juta mangrove di lahan seluas 450 hektar. Selanjutnya, ada PT Inalum yang sukses melakukan penanaman lebih dari 616 ribu bibit pohon sepanjang 2022.

Anggota MIND ID lainnya, PT Timah Tbk melakukan penanaman 18.100 pohon mangrove di beberapa wilayah operasional tersebar di
Kabupaten Bangka-Belitung. PT Timah juga melakukan pengembangan Kampoeng Reklamasi Air Jangkang yang dijadikan wilayah destinasi wisata di Pulau Bangka.

Sekretaris Perusahaan MIND ID Heri Yusuf mengatakan, peran MIND ID dalam upaya pelestarian lingkungan hidup sudah berada pada tataran praksis di mana beberapa program peduli lingkungan melalui berbagai skema sudah dilakukan oleh perusahaan-perusahaan tambang di bawah naungan
MIND ID.

"Dalam rangka memperingati hari Lingkungan Hidup Internasional kita terus berupaya memberikan contoh sebagai holding pertambangan yang mengedepankan keberlanjutan dan ramah lingkungan," kata Heri Yusuf dalam keterangan tertulis yang dikutip Senin 12 Juni 2023.

Heri mengatakan kepedulian MIND ID terhadap isu lingkungan hidup dibuktikan melalui upaya nyata dalam menjalankan program berkelanjutan seperti penanaman pohon, reklamasi dan yang lainnya.

Holding BUMN MIND ID juga terus mendorong seluruh anggota perusahaannya untuk bergerak dan mengisiasi transisi energi di setiap operasinalnya. Ada tiga pilar utama dekarbonisasi yang diterapkan, meliputi avoid (menghindari), reduce (mengurangi), dan mitigate (memitigasi).

Baca juga: Patuhi Perintah Menteri BUMN Erick Thohir, Mind ID Terjunkan Tim ke Lokasi Gempa di Cianjur

"Pilar itu menjadi bagian dari upaya MIND ID menyukseskan program penurunan karbon hingga mencapai target Net Zero Emissions pada 2060 mendatang," ujar Heri.

MIND ID berhasil terpilih sebagai salah satu peserta dengan booth terbaik di helatan Indonesia GREEN (Indogreen) Forestry Environment Expo 2023, di Jogja Expo Center (JEC), pada awal Maret 2023, lalu. Acara tersebut diselenggarakan oleh Kementrian Lingkungan Hidup (KLHK). Grup MIND ID juga turut mendukung program perubahan iklim melalui transisi energi yang menjadi salah satu jalan untuk mengurangi emisi karbon.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat