androidvodic.com

Menteri BUMN Erick Thohir Rombak Jajaran Dewan Direksi Antam, Ini Formasi Terbarunya - News

Laporan Wartawan News, Ismoyo

News, JAKARTA - Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir melakukan perombakan jajaran Direksi PT Aneka Tambang Tbk atau Antam.

Sebagai informasi, Antam merupakan salah satu anggota Holding Tambang BUMN atau Mining Industry Indonesia (MIND ID).

Erick Thohir memberhentikan Dolok Robert Silaban yang menjabat Direktur Pengembangan Usaha dan Basar Simanjuntak yang menjabat Direktur Sumber Daya Manusia.

Keputusan ini terjadi setelah perusahaan berkode saham ANTM menggelar Rapat Umum Pemegang Saham Tahunan (RUPST) di Jakarta, Kamis (15/6/2023).

Baca juga: Bos Antam Buka Suara Soal Dugaan Korupsi Kegiatan Usaha Komoditas Emas

"Dalam RUPST ini, telah diberhentikan dengan hormat Bapak Dolok Robert Silaban sebagai Direktur Pengembangan Usaha dan Bapak Basar Simanjuntak sebagai Direktur Sumber Daya Manusia," papar Sekretaris Perusahaan Antam, Syarif Faisal Alkadrie di Jakarta.

"Dewan Komisaris dan Direksi Antam mengucapkan terima kasih kepada Bapak Dolok Robert Silaban dan Bapak Basar Simanjuntak atas dedikasi dan dukungannya kepada ANTAM selama menjabat sebagai anggota Direksi Antam," sambungnya.

RUPST tersebut juga memutuskan I Dewa Bagus Wirantaya, dari semula sebagai Direktur Operasi dan Produksi menjadi Direktur Pengembangan Usaha Perseroan dengan masa jabatan meneruskan sisa masa jabatan sebelumnya.

Sebagai gantinya, pemegang saham menyetujui mengangkat Hartono sebagai Direktur Operasi dan Produksi dan Achmad Ardianto sebagai Direktur Sumber Daya Manusia.

Sebagai informasi, selain pengangkatan Direksi baru, agenda RUPST PGN juga mengesahkan Laporan Tahunan Perseroan Tahun Buku 2022, Pengesahan Laporan Keuangan Tahunan Perseroan Tahun Buku 2022, serta Laporan Keuangan Program Pendanaan Usaha Mikro dan Usaha Kecil Perseroan Tahun Buku 2022.

Juga terdapat agenda penetapan Penggunaan Laba Bersih, termasuk Pembagian Dividen untuk Tahun Buku 2022.

Antam telah menetapkan deviden yang dibagikan kepada para pemegang saham senilai Rp1,91 triliun, dividen tersebut setara dengan 50 persen laba Antam di buku tahun 2022.

Sementara itu untuk sisanya yakni 50 persen ditahan sebagai cadangan, termasuk untuk mendukung kegiatan operasional dan pengembangan.

Berikut susunan anggota Direksi dan Komisaris yang baru sebagai berikut:

Susunan Dewan Komisaris

Komisaris Utama merangkap Komisaris Independen: F.X. Sutijastoto
Komisaris Independen: Gumilar Rusliwa Somantri
Komisaris Independen: Anang Sri Kusuwardono
Komisaris: Bambang Sunarwibowo
Komisaris: Dilo Seno Widagdo

Susunan Direksi

Direktur Utama: Nicolas D. Kanter
Direktur Operasi dan Produksi: Hartono
Direktur Pengembangan Usaha: I Dewa Bagus Wirantaya
Direktur Keuangan dan Manajemen Risiko: Elisabeth RT Siahaan
Direktur Sumber Daya Manusia: Achmad Ardianto

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat