androidvodic.com

EBA Syariah Pertama di Indonesia Diminati Para Investor, Ini Kata Pengamat Pasar Modal - News

Laporan Wartawan News, Ismoyo

News, JAKARTA - Efek Beragun Aset Syariah berbentuk Surat Partisipasi (EBAS-SP) pertama di Indonesia yang diterbitkan PT Bank Syariah Indonesia Tbk., atau BSI bekerja sama dengan PT Sarana Multigriya Finansial (Persero) atau SMF laris manis diminati pasar.

Hal itu tak terlepas dari prospek cerah instrumen investasi syariah anyar tersebut bagi investor serta kredibilitas BSI sebagai penerbit.

Bahkan, hasil penawaran umum surat berharga tersebut menerima pemesanan yang melebihi dari yang ditawarkan atau oversubscribed hingga 126 persen.

Baca juga: Pegadaian Mulai Tawarkan Pembiayaan Syariah untuk Pembelian Kendaraan Listrik

Pengamat Pasar Modal Edhi Pranasidhi mengatakan, EBAS-SP dengan nama EBAS-SP-SMF-BRIS01 tersebut menarik karena menawarkan imbal hasil 7 persen atau 1,5 kali di atas inflasi.

"Sebagai informasi inflasi tahunan Indonesia per Mei 2023 sebesar 4 persen. Secara buku masuk di 7 persen sudah untung," ucap Edhi dalam pernyataannya, Jumat (16/6/2023).

Selain itu, lanjutnya, BSI saat ini memiliki rekam jejak yang terbilang baik di pasar.

Sejak berdiri, bank syariah terbesar di Tanah Air itu membukukan pertumbuhan yang berkelanjutan. Dengan demikian kondisi tersebut akan mengerek animo investor terhadap instrumen investasi yang diterbitkan perusahaan.

"Terobosan ini [EBAS-SP-SMF-BRIS01] memang diperlukan BSI dalam rangka memperkuat serta mengoptimalkan likuiditas, sehingga bisa berkontribusi lebih banyak untuk bottom line-nya," kata Edhi.

Dengan rekam jejak BSI, Edhi pun optimistis perseroan akan cermat dalam menyalurkan pembiayaan dari pendanaan EBAS-SP tersebut.

Dengan asumsi imbal hasil 7 persen, maka bank akan mencari margin bagi hasil yang cukup tinggi, dalam memilih segmen yang masih mencatat pertumbuhan kuat.

Sementara itu, analis pasar modal dari CSA Research Institute Reza Priyambada mengatakan, wajar jika EBAS-SP-SMF-BRIS01 itu mendapatkan animo pasar yang sangat baik. Sebab, kinerja BSI dianggap sehat.

"Bisa jadi para pelaku pasar atau investor melihat BRIS sebagai bank syariah nasional yang kinerjanya dapat dianggap sehat, sehingga dapat memberikan tingkat imbal hasil yang lebih baik," katanya.

Baca juga: Kerjasama BUMN dengan Arab Saudi, Energi Terbarukan dan Perbankan Syariah Jadi Sektor Potensial

Dia pun menilai capaian emiten bersandi BRIS itu sejak awal berdiri pada awal 2021, membuktikan bahwa minat masyarakat terhadap produk keuangan syariah cukup tinggi.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat